Apa Itu Full Stack Developer? Simak Selengkapnya Disini

Apa itu Full Stack Developer? mungkin pertanyaan ini terbesit di benak Anda jika Anda merupakan orang yang baru terjun di dunia pengembangan website atau agensi digital. Jika melihat penggunaan internet oleh masyarakat pada saat ini, masyarakat kerap kali menggunakan internet untuk mengakses suatu website. Microsite, e-commerce, website informasi/berita, dan sosial media tak luput dari penjelajahan netter. Hadirnya berbagai jenis website, membuat permintaan terhadap pengembangan website kian meningkat.

Oleh karena hal itu, seorang front end developer, back end developer, dan full stack developer dibutuhkan untuk mengatasi tingginya permintaan masyarakat terhadap pengembangan website. Namun, seorang web developer tidak mengembangkan web secara keseluruhan, melainkan hanya mengembangkan bagian tertentu saja. Kira-kira apa itu full stack developer? jika Anda masih asing dengan kata-kata ini, silakan simak penjelasannya melalui artikel berikut.

Apa Itu Full Stack Developer & Tugas-tugasnya

Front End Developer

Front End adalah halaman dari suatu website yang dapat dilihat secara langsung oleh netter. Halaman front end dikembangkan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. HTML (HyperText Markup Languange) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat suatu halaman web. Pada umumnya, sebagian besar website dikembangkan menggunakan HTML.

Cascading Style Sheets (CSS) adalah bahasa pemograman yang menyesuaikan tampilan HTML pada suatu halaman situs. CSS dapat menentukan warna, font, gambar, latar, dan tampilan keseluruhan dari suatu situs. Versi terakhir dari CSS adalah CSS3 yang dapat menambahkan fitur animasi.

Baca Juga: Ini Syarat dan Keuntungan Menjadi Web Developer

Anda dapat mengembangkan suatu website hanya dengan menggunakan HTML dan CSS, akan tetapi Anda dapat membuat website tampak semakin menarik dengan JavaScript. Animasi dengan kompleksitas tinggi dapat Anda tampilkan dengan menggunakan JavaScript.

Jadi, seorang front end developer pada umumnya wajib untuk menguasai HTML, CSS, dan JavaScript untuk mengembangkan sebuah website. Mereka memiliki tugas untuk mengintrepretasikan suatu design ke dalam bentuk kode agar dapat diaplikasikan pada suatu website.

Back End Developer

Seorang back end developer bertugas untuk mengembangkan website di balik layar. Mengapa dibalik layar? Sebab, back end developer mengembangkan sesuatu yang tak tampak di suatu website seperti server dan database. Bahasa pemrograman yang pada umumnya digunakan oleh back end developer adalah PHP, Ruby, & Python. Dibutuhkan kerjasama yang cukup baik antara front end developer dan back end developer agar website dapat bekerja dengan optimal.

Baca Juga: Ingin Menjadi Developer Website Handal? Simak 5 Tips Berikut!

Full Stack Developer

Apa itu full stack developer? full stack developer adalah seseorang yang pada umumnya merangkap tugas sebagai back end dan front end developer. Para full stack developer dapat menguasai HTML, CSS, JavaScript, dan beberapa bahasa pemrograman back end. Memiliki pengalaman menjadi full stack developer dapat menjadi nilai tambah di mata perusahaan. Sebab, mereka dipercaya dapat menganalisa suatu masalah pada berbagai sisi bahasa pemrograman, baik itu pemrograman yang digunakan oleh front end ataupun back end.

apa itu full stack developer

Demikanlah artikel mengenai apa itu full stack developer beserta tugas-tugasnya. Semoga dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai apa itu full stack developer. Saat ini, Logique sedang membuka lowongan kerja bagi web developer dan technical consultant. Tidak hanya karyawan onsite, namun Kami juga menerima karyawan yang ingin bekerja secara remote. Kami juga membuka lowongan bagi para web developer untuk cabang Kami di Yogyakarta. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tanggung jawab dan persyaratan kedua lowongan tersebut, silakan kunjungi tautan berikut: Lowongan Kerja Web Developer Logique

Jika Anda tertarik untuk mengisi lowongan yang tersedia, silakan daftarkan akun Anda (sign up) pada situs platform rekrutmen karyawan Kami melalui tautan ini: Sugoi Saiyo

Setelah itu, pilih halaman “Register Your CV” dan ikuti langkah-langkah berikutnya. Anda akan Kami hubungi melalui e-mail apabila Anda lolos ke tahap selanjutnya.

Logique dapat memberikan Anda pengalaman kerja yang menantang dan berbeda. Sebab, Kami telah menangani berbagai macam klien dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Logique, silakan kunjungi tautan: Logique Digital Indonesia.

Sumber: Codepolitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts