Keuntungan Menggunakan Laragon Dibandingkan XAMPP

Jika Anda merupakan seseorang yang berprofesi sebagai seorang programmer dan sebagai pengguna Windows, tentunya sudah cukup akrab dengan aplikasi XAMPP. Ya, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pilihan bagi kebutuhan development web PHP di komputer lokal. Ketika menggunakan PHP biasa, maka XAMPP sudah sangat membantu.

Namun, jika menggunakan framework dengan versi PHP tertentu, melakukan pemasangan ekstensi tertentu, atau membutuhkan konfigurasi lain sehingga perlu dilakukan kostumisasi, maka XAMPP akan terasa kurang fleksibel.

Karena itu, jika Anda merasa bahwa XAMPP sudah tidak mampu lagi menyokong pengembangan web di komputer lokal Anda, maka sebaiknya Anda menggunakan Laragon sebagai salah satu alternatif pilihannya.

Baca Juga: Tools Coding Paling Membantu Bagi Programmer Pemula

Lalu apa itu Laragon?

Laragon merupakan universal development environment bagi PHP, Java, Ruby, Node.js, Go dan Python yang dapat digunakan secara portable, terisolasi, cepat, mudah digunakan dan cukup ringan. Aplikasi ini sendiri dapat digunakan sebagai pengganti XAMPP.

Aplikasi ini mempunyai beberapa keunggulan jika dibandingkan menggunakan XAMPP. Beberapa keunggulan tersebut antara lain yaitu:

Pretty URLs

Jika Anda menggunakan Laragon, maka Anda dapat mengakses project melalui app.test saja tanpa harus menggunakan localhost/app.

Portable

Salah satu keunggulan lainnya jika dibandingkan XAMPP adalah foldernya yang mampu dipindahkan tanpa perlu merusak sistem.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Menguasai Laravel

Isolated

Sistem Laragon terisolasi langsung dari sistem operasi yang Anda miliki sehingga apapun yang Anda lakukan terhadap aplikasi ini tidak akan mempengaruhi komputer lokal Anda.

Easy Operation

Aplikasi ini juga telah mengotomatiskan banyak konfigurasi yang kompleks sehingga dapat Anda gunakan dengan sangat mudah. Anda juga dapat menambahkan versi terbaru dari PHP, Java, Go, Apache, Python, Ruby, MySQL, MongoDB, Nginx, PostgreSQL dan lainnya tanpa kesulitan sama sekali serta tidak akan merusak sistem yang telah ada.

Modern & Powerful

Keuntungan lain dari aplikasi ini, yaitu mempunyai arsitektur modern yang cocok untuk digunakan dalam mengembangkan aplikasi web modern, dimana Anda dapat menggunakan Apache & Nginx sekaligus.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan aplikasi Laragon secara gratis, Anda dapat mengunduhnya di sini. Sebagai informasi, seluruh paket Laragon seperti PHP, Java, Python, Node.js dan lain-lain dapat dipasang salah satu atau bahkan sekaligus.

Namun hal terpenting yang perlu Anda ketahui adalah aplikasi ini hanya tersedia bagi sistem operasi Microsoft Windows.

Sumber: Codepolitan.com

Baca Juga: Logique Digital Indonesia Kelola Website 60 Tahun Jepang-Indonesia

Lowongan Web Developer

Jika Anda mempunyai keterampilan sebagai seorang web developer atau web programmer dan menguasai kedua aplikasi di atas. PT LOGIQUE DIGITAL INDONESIA membuka lowongan kerja web developer dan programmer dan memberikan kesempatan kepada Anda untuk bergabung dan berkembang bersama kami.

Selain itu, bagi Anda yang menyukai bekerja secara remote, LOGIQUE juga menawarkan kepada Anda untuk bekerja dengan sistem remote tersebut, sehingga Anda dapat mengerjakan pekerjaan sesuai dengan keinginan Anda, dimanapun Anda berada dan kapan pun waktunya.

Bagi Anda yang berdomisili di Yogyakarta, LOGIQUE DIGITAL INDONESIA juga mendirikan cabang di wilayah Yogyakarta dan memberikan kesempatan bagi para web developer dan para web programmer di wilayah Yogyakarta untuk bergabung dan meningkatkan kemampuannya bersama kami.

Jika Anda berminat untuk bekerja di LOGIQUE, silahkan kirim CV Anda ke [email protected] atau klik “Kirim CV” di bawah ini

Kirim CV

2 thoughts on “Keuntungan Menggunakan Laragon Dibandingkan XAMPP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts