Percepat Loading Situs Anda dengan 7 Tips HTML Web Ini

Mempercepat loading situs Anda dapat dilakukan dengan beragam cara, salah satunya dengan mengatur HTML web yang ada. Mempercepat loading situs web sangat penting, sebab jika lebih dari lima detik saja ternyata situs belum seluruhnya termuat, sudah pasti pengunjung tidak akan betah. Berikut tips pengaturan HTML web yang bisa Anda lakukan untuk situs Anda, dikutip dari Monitis.com.

Tips HTML Web Untuk Mempercepat Loading Situs

html web
Image Source: Pexels. Ilustrasi.

Aktifkan mode standar dengan pemasangan DTD yang ketat

DTD (Document Type Declaration) yang ketat tidak hanya mampu memberitahu validator HTML standar versi (X)HTML mana yang seharusnya diikuti oleh kode halaman web, namun juga memberitahu browser cara merender halaman dalam mode standar yang sesuai.

Tanpa pemasangan DTD yang ketat, browser seringkali salah menafsirkan bahasa markup yang ditulis situs, sehingga dapat memperlambat kecepatan loading.

Baca Juga: Tools Coding Paling Membantu Bagi Programmer Pemula

Kurangi White Space

Menghapus white space dari kode situs tidak akan mengubah tampilan halaman, tetapi justru dapat membantu mengecilkan ukuran situs dan membuatnya loading menjadi lebih cepat. Tidak peduli sekecil apa perubahannya, penghematan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja situs.

Hilangkan tag dan atribut yang mubazir

Adanya tag dan atribut yang sebenarnya tidak diperlukan tentu akan memperbesar ukuran situs dan membuatnya loading lebih lama. Tag dan atribut seperti ini biasanya adalah sisa-sisa yang berasal dari program-program pengembangan situs. Hilangkan tag dan atribut tersebut, dan pemuatan situs Anda akan terasa lebih cepat.

Gunakan teks alt yang singkat dan padat

Teks alt adalah serangkaian teks yang muncul saat pointer diposisikan di atas sebuah gambar. Kebanyakan dari kita selalu menambahkan teks yang panjang pada alt dengan alasan optimisasi SEO. Namun, penggunaan teks alt yang terlalu panjang justru juga bisa memperbesar ukuran situs.

Ubahlah teks alt tersebut menjadi lebih singkat dan padat. Terapkan ini pada setiap gambar yang diunggah pada situs.

Baca Juga: Membuat Website Menggunakan Pemrograman HTML, CSS dan PHP

Kurangi penggunaan meta tag

Meta tag biasa digunakan untuk menempatkan deskripsi dan kata kunci situs. Umumnya, tag ini berfungsi untuk mengidentifikasi halaman-halaman yang ada. Namun, tag ini bisa memengaruhi ukuran keseluruhan halaman situs. Gunakan meta tag hanya jika benar-benar diperlukan.

Pastikan semua tag ditutup

html web
Image Source: Pexels. Ilustrasi.

Untuk pengoptimalan situs, pastikan bahwa semua tag yang ada telah ditutup. Hal ini dapat menghindari terjadinya lag saat pemuatan situs. Meskipun ini sangat dasar dalam pengaturan HTML web, jika ada eror di kodenya, halaman tidak akan loading dengan benar dan cepat. Bahkan tidak akan loading sama sekali.

Usahakan halaman berukuran tidak lebih dari 30kb

Halaman situs yang teroptimisasi dengan baik umumnya hanya memerlukan satu detik atau maksimal 10-15 detik untuk loading. Cara yang paling mudah untuk meningkatkan kecepatan loading yaitu memastikan bahwa ukuran halaman full tidak lebih dari 30 kilobit.

Itulah beberapa tips HTML web yang kami rangkum untuk mengoptimalisasi dan mempercepat loading halaman web Anda. Ingatlah, setiap penghematan yang Anda lakukan akan selalu mengurangi ukuran halaman dan dapat membantu mengurangi waktu loading situs Anda.

Jika Anda memiliki keahlian dalam teknik programming, termasuk HTML web, Logique Digital Indonesia sedang membuka lowongan web developer untuk Anda. Di Logique, potensi Anda akan kami bantu gali bersama agar Anda juga bisa ikut berkembang bersama perusahaan internasional seperti kami.

Tidak hanya di Jakarta, kami juga membuka lowongan web developer bagi Anda yang berdomisili di Yogyakarta. Jika Anda memiliki kebutuhan khusus dan tidak bisa bekerja di kantor, kami juga menerima karyawan untuk bekerja dengan sistem remote atau jarak jauh.

Segera registrasikan diri dan kirim CV Anda di tautan berikut. Untuk informasi lebih lanjut mengenai lowongan pekerjaan lainnya di Logique, silakan kunjungi halaman karir Logique Digital Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts