Membuat Website Menggunakan Pemrograman HTML, CSS dan PHP

Di dunia yang serba digital saat ini, website mempunyai banyak manfaat serta kegunaan yang cukup berpengaruh, terutama bagi anak muda jaman sekarang yang selalu berselancar di dunia maya dalam mencari berbagai informasi.

Apalagi dengan semakin luas dan mudahnya dalam mendapatkan koneksi internet, membuat website menjadi salah satu sarana yang seringkali digunakan selain sebagai tempat mencari informasi, seperti berjualan online, promosi produk, memperkenalkan profil perusahaan, blog, membuat cv online atau melamar pekerjaan.

Namun, tahukah Anda jika ternyata terdapat dua cara membuat website, yaitu:

Baca Juga: 5 Framework PHP yang Masih Jarang Diketahui

  1. Menggunakan pemrograman html, css dan php
  2. Menggunakan cms (hosted dan self hosted)

Membuat Website Dengan HTML, CSS dan PHP

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa website mempunyai banyak kegunaan, apalagi di dunia digital saat ini. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah teknologi di balik pembuatan website itu sendiri.

Website telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bahkan kini telah muncul beberapa standar baru web browser, seperti dukungan untuk html 5, css animation dan berbagai hal lainnya.

Sekarang ini telah banyak bahasa pemrograman yang dapat Anda gunakan dalam membuat aplikasi berbasis web. Namun, berbeda dengan bahasa pemrograman untuk aplikasi berbasis desktop yang hanya membutuhkan satu bahasa pemrograman saja sudah dapat membuat aplikasi. Aplikasi berbasis web mempunyai banyak bahasa pemrograman yang dapat membuat aplikasi berbasis web menjadi lebih interaktif dan memiliki user interface (UI) sehingga para pengguna merasa betah dan tidak mudah bosan.

Baca Juga: Tools Coding Paling Membantu Bagi Programmer Pemula

Berikut ini adalah beberapa bahasa pemrograman dalam pembuatan aplikasi berbasis web, antara lain:

HTML

HTML (HyperText Markup Language) merupakan salah satu bahasa markup dan adalah salah satu dasar bahasa pemrograman dalam pembuatan kerangka website. Untuk mempelajari bahasa pemrograman ini, Anda dapat mendapatkan referensi dari berbagai sumber yang ada di internet atau belajar di sekolah khusus programming.

CSS

css
Ilustrasi (Morguefile)

CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets dan merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berfungsi untuk memberikan style atau gaya ke dalam sebuah website.

Dengan menggunakan bahasa CSS, tampilan website Anda akan menjadi indah dan bergaya sehingga membuat para pengunjung website Anda menjadi lebih betah untuk berlama-lama di dalamnya.

Untuk belajar bahasa pemrograman CSS, Anda dapat berkunjung ke situs-situs atau grup-grup programming yang banyak berseliweran di internet atau belajar di sekolah khusus yang mengajarkan bahasa pemrograman.

PHP

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang masuk ke dalam kategori Back End atau bahasa yang digunakan untuk menangani tugas-tugas yang berkaitan di sisi server. Seperti, jika website Anda membutuhkan database sebagai media penyimpanan data, maka Anda membutuhkan bahasa pemrograman PHP agar website yang Anda miliki dapat berkomunikasi dengan Database Server sehingga dapat dilakukan pemrosesan data ke Database, antara lain seperti Create, Read, Update dan Delete (CRUD).

Baca Juga: Ingin Menjadi Developer Website Handal? Simak 5 Tips Berikut!

Untuk dapat menguasai bahasa ini, Anda dapat berkunjung ke berbagai situs atau forum-forum programming atau bersekolah di sekolah yang mengajarkan mengenai pembuatan website.

CMS

css
CMS WordPress dan Joomla (Learn IT)

Selain menggunakan bahasa pemrograman Html, CSS dan PHP. Ternyata membuat website juga dapat Anda lakukan dengan mudah, yaitu menggunakan CMS (Content Management System), yaitu sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda dalam membuat dan mengatur sebuah website.

Terdapat dua jenis CMS yang perlu Anda ketahui, yaitu CMS Self Hosted dan CMS Hosted.

CMS Hosted

CMS Hosted merupakan aplikasi yang membutuhkan hosting dan domain agar situs website Anda dapat terus online dan di akses melalui internet. Untuk web hosting sendiri dapat dengan mudah Anda dapatkan dengan cara menyewa dari para penyedia layanan hosting yang ada di internet dengan harga yang murah dan dengan kualitas baik.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Website Menarik Agar Pengunjung Betah

Selain itu, dengan menyewa web hosting dan domain agar dapat menggunakan CMS Hosted, Anda juga memerlukan beberapa konfigurasi sederhana untuk mempercantik halaman website Anda. Beberapa CMS Hosted terkenal, yaitu WordPress dan Joomla.

CMS Self Hosted

CMS ini merupakan aplikasi pembuatan website yang telah menyediakan hosting beserta domainnya sekaligus. Hal ini tentu membuat website Anda dapat langsung online tanpa perlu menyewa jasa web hosting dan domain serta melakukan konfigurasi.

Biasanya CMS jenis ini digunakan oleh para pemula yang baru belajar membuat sebuah website. Caranya pun terbilang mudah, Anda cukup melakukan pendaftaran pada masing-masing CMS Self Hosted dan memilih sub domain. Setelah itu, website Anda pun dapat langsung online di internet.

Beberapa CMS Self Hosted yang telah dikenal oleh para programming, yaitu WordPress dan Blogger.

Bagi Anda yang mempunyai kemampuan dalam membuat sebuah website atau mengembangkan website, LOGIQUE memberikan kesempatan kepada Anda untuk bergabung dan menjadi bagian dari kami untuk meningkatkan level kemampuan Anda.

LOGIQUE juga membuka lowongan kerja remote bagi para web developer handal untuk bergabung dengan kami, baik yang berdomisili di Jakarta maupun di Yogyakarta. Jika Anda berminat, silahkan kirimkan CV Anda segera ke recruit@logique.co.id atau kirimkan CV pada link di bawah ini.

Kirim CV

2 thoughts on “Membuat Website Menggunakan Pemrograman HTML, CSS dan PHP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts