5 Tips Mudah Menguasai Laravel

Menguasai Laravel memang cenderung sulit bagi sebagian besar programmer. Padahal, salah satu framework PHP ini merupakan yang paling efisien waktu jika dibandingkan dengan bentuk lainnya.

Tips Mudah Menguasai Laravel

Sebenarnya, ada banyak referensi dan materi yang bisa membantu kita. Namun, kita harus mengetahui hal-hal yang harus kita pahami terlebih dahulu secara bertahap. Berikut kami jabarkan tips mudah menguasai Laravel dalam waktu singkat, dikutip dari laravel-news.com.

Baca juga: 5 Framework PHP yang Masih Jarang Diketahui

Laravel
Image Source: Pixabay. Tips Menguasai Laravel.

Jangan bergantung pada dokumentasi resmi

Laman dokumentasi resmi Laravel, laravel.com, memang selalu menjadi acuan programmer, terutama bagi mereka yang masih rookie. Memang, halaman tersebut  merupakan salah satu perpustakaan terlengkap. Namun, akan sulit jika kita sudah memanfaatkannya padahal belum menguasai ekosistem PHP dan tidak update pada teknik pengembangan masa kini.

Pahami dulu istilah PHP, OOP, Terminal, dan Composer

Ini tidak sama seperti bagaimana kita mempelajari jQuery tanpa perlu menguasai JavaScript terlebih dahulu. Untuk bisa menguasai framework PHP modern (Laravel, Symfonym, dan lain-lain), kita harus memahami dasar-dasar PHP, terutama topik object-oriented programming (OOP).

Jika Anda telah memahami PHP, Anda bisa langsung mempelajari cara kerja Composer. Tahap ini dimaksudkan agar Anda dapat menggunakan dependensinya secara kompeten.

Seringlah terlibat dalam proyek

Pengalaman adalah guru terbaik. Latihlah kemampuan Anda dalam menggunakan framework ini dengan melibatkan diri dalam proyek. Mulailah dari proyek kecil-kecilan, seperti membuat website sederhana.

Seiring banyaknya proyek yang dilakukan, kita pasti akan sering menemukan rintangan dan pertanyaan-pertanyaan baru yang akhirnya menjadikan diri kita terus belajar.

Baca juga: Cara Membuat Situs Web Ramah Seluler Menggunakan PHP

Maksimalkan Google dan pemanfaatan StackOverflow

Ini sebenarnya adalah penggunaan bahasa program paling dasar yang harus dimiliki setiap orang. Kita pasti selalu menggunakan mesin pencarian Google untuk mencari jawaban pertanyaan apapun. Namun, bagaimana cara menemukan jawaban paling tepat, tentu Google memiliki caranya sendiri.

Misalnya saja, untuk mencari tutorial bagi pemula, kita tidak hanya tinggal menuliskan kata kunci tersebut. Sebab, rentetan jawaban yang muncul mungkin justru bukan yang Anda cari.

Cobalah maksimalkan penggunaan pencarian Google dalam keseharian kegiatan programming Anda. Misalnya saja untuk menemukan materi untuk menguasai Laravel di situs Laracast, Anda bisa mencoba mengetik laravel -beginners site:laracasts.com.

Hal yang sama juga berlaku pada forum khusus programming, StackOverflow. Anda bisa bertanya apa saja mengenai programming di sana. Namun, Anda perlu paham bahwa setiap forum memiliki lingkungan dan perilaku yang berbeda-beda. Jika Anda bisa berlaku baik dan mampu bertanya dengan gaya dan bahasa yang benar, Anda akan mendapat jawaban yang tepat pula.

Konsultasikan masalah pada ahlinya

Dalam programming, hal yang paling sulit adalah saat menemukan eror dan harus melakukan troubleshoot. Ada kalanya Google dan StackOverflow mungkin tidak bisa membantu Anda. Oleh karena itu, mentor adalah solusinya.

Anda bisa menemukan mentor di komunitas-komunitas programming, baik online maupun offline, misalnya acara workshop. Pergunakanlah pertemuan ini untuk belajar sebanyak-banyaknya.

Demikianlah 5 tips mudah menguasai Laravel dengan cepat. Jika Anda telah menguasainya, teruslah belajar supaya menemukan kesulitan-kesulitan baru, sehingga bisa terus memantapkan diri.

Jika Anda memiliki keahlian dalam menggunakan Laravel dan teknik programming lainnya, Logique Digital Indonesia sedang membuka lowongan web developer untuk Anda. Di Logique, potensi Anda akan kami bantu gali bersama agar Anda juga bisa ikut berkembang bersama perusahaan internasional seperti kami.

Tidak hanya di Jakarta, kami juga membuka lowongan web developer bagi Anda yang berdomisili di Yogyakarta. Jika Anda memiliki kebutuhan khusus dan tidak bisa bekerja di kantor, kami juga menerima karyawan untuk bekerja dengan sistem remote atau jarak jauh.

Segera registrasikan diri dan kirim CV Anda di tautan berikut. Untuk informasi lebih lanjut mengenai lowongan pekerjaan lainnya di Logique, silakan kunjungi halaman karir Logique Digital Indonesia.

One thought on “5 Tips Mudah Menguasai Laravel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts