Cara Membuat Aplikasi Android dengan Mudah Menggunakan Xamarin

Xamarin adalah sebuah perangkat lunak untuk mengembangkan aplikasi android, iOS, atau hybrid. Secara umum, proses pengembangan aplikasi android di Xamarin tidak jauh berbeda dengan Android Studio. Jadi, jika Anda belajar mengembangkan suatu aplikasi android menggunakan Xamarin, kemungkinan besar Anda juga dapat mengembangkan aplikasi di Android studio. Melalui artikel dibawah, Logique akan memberikan Anda panduan mengenai cara membuat aplikasi android dengan Xamarin.

Klik tautan berikut untuk download : Xamarin

*Perhatian: kapasitas file sangat besar, mencapai 9GB. Xamarin terintegrasi pada Visual Studio Community Edition.

Cara Membuat Aplikasi Android dengan Xamarin

1. Membuat Aplikasi Baru

cara membuat aplikasi android
Sumber: imedia9

Langkah pertama cara membuat aplikasi android menggunakan xamarin adalah menjalankan visual studio untuk membuat aplikasi baru dengan cara File > New > Project. Pada kolom New Project, pilihlah opsi Blank App (Android). Setelah itu, tentukan nama File dan lokasi penyimpanan file, lalu klik OK.

2. Pengaturan Properties dan Pilih Segmentasi OS Android

cara membuat aplikasi android
Sumber: imedia9

Jika langkah sebelumnya sudah dilakukan, Anda dapat mengatur properties dan memilih segmentasi sistem operasi android pengguna. Isilah kolom target android version dengan sistem operasi android yang tidak terlalu lama ataupun baru (menengah) agar aplikasi bisa lebih banyak digunakan oleh pengguna.

Baca Juga: Cara Buat Aplikasi Android dengan Cepat dan Mudah

3. Menambahkan Aktivitas

cara membuat aplikasi android
Sumber: imedia9

Pada project baru Anda, terdapat file yang bernama Android Manifest. File ini berguna untuk mengatur seluruh aktivitas yang dilakukan pada aplikasi Anda. Xamarin memiliki dua versi dalam menampilkan Android Manifest. Versi pertama ditunjukkan dengan bentuk form, dan versi kedua ditunjukkan dengan tampilan format file .xml.

4. Pengaturan Design

cara membuat aplikasi android
Sumber: imedia9

File main.axml dapat Anda akses melalui folder Resources/layout/Main.axml. Pada file ini, Anda dapat melihat suatu tab yang menampilkan sebuah mockup aplikasi mobile, yang dapat menjadi acuan Anda dalam mengembangkan aplikasi android. Pada bagian kiri foto, terdapat panel toolbox dengan berbagai macam wigdet yang dapat di drag & drop secara langsung ke dalam kolom view.

cara membuat aplikasi android
Sumber: imedia9

Selain file Main.axml, terdapat file lain yang tidak dapat dipisahkan dari file Main.axml. File ini bernama MainActivity.cs. Anda bisa mengakses file ini melalui panel Solution. Pada file MainActivity.cs, Anda dapat melihat tab yang berisi script untuk melakukan interaksi dengan user.

Baca Juga: Cara Memulai Proyek Membuat Aplikasi Android Dengan Android Studio

5. Merubah Format File

Suatu aplikasi Android wajib diexport menjadi format .apk sehingga bisa diinstall pada sebuah smartphone atau diunggah ke Play Store. Bagaimana caranya?

cara membuat aplikasi android
Sumber: imedia9
  1. Pertama, aktifkan solution configuration menjadi Release yang terdapat di menu bagian atas. Setelah itu, pilih Tools > Android > Publish Android App.
  2. Jika ini sudah dilakukan, pilih Create New Keystore pada panel Publish Android Application.
  3. Lalu, klik browse dan tentukan password serta lokasi penyimpanan keystore.
  4. Tambahkan informasi tambahan mengenai KeyStore pada panel Key Creation.
  5. Tentukan lokasi file *.apk dan pilih Create

Itulah panduan mengenai cara membuat aplikasi android dengan mudah menggunakan Xamarin. Jika Anda memiliki ide dalam mengembangkan suatu aplikasi, jangan ragu untuk menghubungi Kami melalui info@logique.co.id. Dengan pengalaman lebih dari 5 tahun, Logique telah mengembangkan berbagai aplikasi iOS | Android | Hybrid seperti aplikasi finansial, otomotif, dan jasa menggunakan teknologi terkini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan aplikasi mobile Logique, silakan kunjungi: layanan aplikasi mobile

3 thoughts on “Cara Membuat Aplikasi Android dengan Mudah Menggunakan Xamarin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts