Istilah dan Data Umum Pada Google Analytics yang Perlu Diketahui

Sebagai seorang marketer di dunia digital marketing, tentunya Anda harus dapat mengetahui performa statistic dari sebuah website yang Anda miliki sehingga akan membantu Anda dalam melakukan optimalisasi pada website tersebut sehingga banyak dikunjungi. Nah, salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan layanan statistik data gratis yang berasal dari Google, yaitu Google Analytics.

Nah, pada postingan ini, kita akan membahas mengenai istilah serta data-data umum yang terdapat pada Google Analytics. Pada tampilan atas Google Analytics terdapat menu “Audience” yang akan memperlihatakan data-data mengenai berbagai hal terkait dengan visitor pada website Anda, mulai dari jumlah visitor terbaru, demographic visitor mulai dari usia dan gender, lokasi visitor, operating system yang digunakan oleh visitor untuk masuk ke website yang Anda miliki dan berbagai macam informasi mengenai visitor lainnya.

Baca Juga: Inilah Jenis-jenis Trafik yang Ada pada Google Analytics

Pada sub menu “Overview” terdapat beberapa istilah penting yang perlu Anda pahami, antara lain yaitu,

Session

Merupakan jumlah visitor yang berkunjung ke website Anda per kunjungan, dimana setiap 1 visitor yang berkunjung ke website Anda, maka Google Analytics akan menghitungnya sebagai 1 sessions. Akan tetapi, jika visitor tidak melakukan apapun pada website tersebut selama 30 menit, lalu dia kembali lagi mengakses website Anda, maka Google Analytics akan menghitungnya sebagai 2 sessions.

Users

Merupakan visitor yang berkunjung ke website Anda sebanyak 1 kali.

Pageviews

Merupakan total halaman yang telah dilihat oleh para visitor yang berkunjung ke website Anda. Jika visitor membuka halaman yang sama secara berulang kali, maka Google Analytics akan tetap menghitungnya sebagai pageviews.

Pages/ sessions

Merupakan jumlah halaman website yang terbuka pada setiap kunjungan visitor ke website Anda.

Avg. Sessions Duration

Merupakan lama waktu yang digunakan oleh visitor pada setiap kunjungan yang dilakukan di website Anda.

Baca Juga: Inilah Tools Pada Facebook Ads Untuk Tingkatkan Performa Iklan

Bounce Rate

Merupakan visitor yang berkunjung ke website Anda namun hanya membuka 1 halaman dan langsung keluar dari website Anda.

New Sessions

Merupakan persentasi pengunjung baru yang berkunjung ke website Anda

Itulah beberapa istilah serta data-data umum yang terdapat pada Google Analytics yang tentunya berguna untuk meningkatkan jumlah visitor ke website Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts