Inilah Jenis-jenis Trafik yang Ada pada Google Analytics

Apakah Anda merupakan seorang digital marketer, SEO atau SEM pemula? Jika Anda merupakan seseorang yang baru saja terjun ke dunia digital marketing, maka sebaiknya Anda mempelajari beberapa istilah-istilah pada tools yang disediakan oleh Google dalam melakukan analisa. Salah satunya adalah Google Analytics.

Seperti yang diketahui, Google Analytics merupakan tools yang seringkali digunakan sebagai metrik acuan untuk mengetahui dan memonitor sumber trafik ke website Anda. Karena itulah di bawah ini akan dijelaskan berbagai macam informasi dasar mengenai jenis trafik website yang terdapat pada Google Analytics, antara lain yaitu,

1. Referral

Referral adalah istilah dimana sumber traffic yang didapatkan oleh website Anda berasal dari blog atau website orang lain, dimana saat itu user meng-klik link (URL) website Anda yang berada di halaman atau konten website orang lain. Sumber trafik ini dicatat oleh Google Analytics sebagai referral. Pada umumnya link didapatkan pada situs berita, website partner atau blog orang lain.

Baca Juga: SEO & SEM, Manakah Yang Lebih Efektif Digunakan?

2. Direct

Merupakan jenis trafik dimana user langsung mengetikkan alamat website Anda (URL) pada browser yang mereka gunakan atau melakukan klik langsung dari bookmark yang terdapat pada browser. Pada beberapa kasus yang pernah terjadi, direct traffic juga tercatat jika Google Analytics tidak dapat menentukan sumber traffic yang digunakan.

Pada umumnya hal ini terjadi akibat adanya technical error pada browser ataupun perangkat serta beberapa penyebab lainnya.

3. Paid Search

Merupakan sumber trafik yang berasal dari iklan pencarian yang berasal dari Google Adwords (search) ataupun platform lain berupa Paid-Per-Click (PPC).

4. Organic Search

Merupakan salah satu sumber trafik yang berasal dari pencarian organik, seperti artikel, blog, news dan lain-lain (bukan berbayar). Pencarian organik sendiri bukan hanya berasal dari Google saja, melainkan juga dapat berasal dari search engine lainnya, seprti Bing atau Yahoo.

Baca Juga: Begini Cara Melakukan Optimisasi Video Promosi di Youtube

5. Social

Merupakan sumber trafik yang berasal dari social media platform, seperti Instagram, Twitter, Facebook dan berbagai media sosial lainnya. Biasanya trafik ini didapatka pada link website yang disematkan pada halaman profile social media atau juga pada feed/ postingan yang dirilis. Google Analytics mengartikan sumber trafik ini sebagai social traffic.

6. Display

Merupakan sumber trafik yang berasal dari display marketing Google AdWords (GDN). Display sendiri berasal dari banner ataupun jenis iklan lainnya yang telah berbasis Cost-Per-Mille (CPM) atau Cost per seribu kali tayang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts