pemasaran online

Inilah Strategi Pemasaran Online yang Efektif Untuk UKM

Maret 12th, 2018 |

Saat ini banyak masyarakat yang mencoba keberuntungannya dengan melakukan bisnis kecil-kecilan atau yang biasa disebut dengan Usaha Kecil Menengah atau disingkat UKM. Melalui UKM ini, Anda akan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif, mulai dari menciptakan produk hingga memasarkannya. Karena itulah agar usaha Anda berhasil dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif dan ampuh. Salah satu strategi yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan strategi pemasaran online ala UKM.

Sebelum mengetahui bagaimana cara menjalankan strategi pemasaran online ala UKM ini, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu strategi pemasaran online? Strategi pemasaran online merupakan salah satu cara bagaimana memasarkan sebuah produk atau jasa dimana penjualannya dapat dilakukan melalui dunia maya atau internet.

Berdasarkan survey, UKM yang menerapkan strategi ini mampu membuat usahanya meningkat sebesar 80 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan para pelaku usaha konvensional. Bahkan strategi ini berpotensi untuk menyerap tenaga kerja lebih besar, yaitu sebanyak 1,5 kali.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Dengan melakukan pemasaran melalui online, maka daya jangkau promosi yang Anda lakukan akan menjadi luas dan tidak terbatas, bahkan para konsumen dapat menemukan produk Anda dengan mudah selama mereka mendapatkan akses internet yang cukup baik. Selain itu, melakukan pemasaran melalui online juga akan memberikan kemudahan yang cukup banyak bagi para konsumen. Mulai dari memilih barang, pembayaran serta tidak perlu repot harus datang jauh-jauh ke toko yang Anda inginkan, sebab hanya dengan mengakses toko virtual yang ada, konsumen dapat denga mudah mendapatkan yang mereka inginkan.

Lalu bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran melalui online yang efektif bagi para UKM? Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran online bagi para UKM yang dapat Anda lakukan, antara lain yaitu:

1. Wajib mempunyai toko virtual

pemasaran online

Langkah yang wajib Anda lakukan untuk menerapkan strategi pemasaran melalui online adalah mempunyai toko virtual, baik milik sendiri ataupun melalui perantara. Langkah ini sangat penting, sebab dapat mempengaruhi strategi pemasaran online pada tahap selanjutnya.

Jika Anda kesulitan dalam mempunyai toko virtual, Anda tidak perlu khawatir, sebab Anda dapat menyewa jasa pembuatan toko virtual. Salah satunya adalah Logique Digital Indonesia yang menawarkan layanan jasa pembuatan toko virtual bagi para pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya hingga berhasil.

Jika Anda berminat silahkan hubungi [email protected] atau kunjungi websitenya di www.logique.co.id.

2. Menggunakan media sosial sebagai media promosi

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini jumlah pengguna media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan media sosial lainnya semakin lama semakin meningkat dari hari ke hari. Hal ini tentu akan menjadi peluang Anda dalam melakukan promosi produk atau usaha Anda. Selain itu, pada beberapa media sosial telah menyediakan fitur-fitur yang mampu mempermudah kinerja promosi iklan produk atau usaha Anda.

Baca Juga: Begini Langkah Melakukan Pemasaran Menggunakan Media Digital

Karena itu sangat penting bagi Anda mempunyai media sosial untuk bisnis Anda sendiri. Jika Anda kesulitan, Logique Digital Indonesia juga mempunyai layanan jasa pemasaran digital yang mampu membantu bisnis Anda terus berkembang setiap harinya. Untuk lebih jelasnya silahkan klik tombol “Lihat Informasi Terkait” di bawah ini.
Lihat Informasi Terkait

3. Melakukan teknik Blogging atau konten di website

Selain menggunakan media sosial, strategi yang bisa Anda terapkan lainnya adalah menggunakan teknik blogging atau konten pada website Anda. Metode ini biasa digunakan sebagai tempat promosi dengan menuliskan penjelasan berupa blog mengenai produk Anda. Hal ini akan memberikan dampak yang cukup baik untuk pemasaran online Anda.

4. Menjalankan email marketing

pemasaran online

Strategi pemasaran melalui online yang bisa Anda lakukan lainnya adalah dengan menggunakan email marketing. Cara ini cukup efektif dalam menarik perhatian para calon konsumen, bahkan masih mendapatkan respon yang cukup baik. Karena itu, tidak ada salahnya dalam berbisnis UKM, Anda menerapkan cara ini.

5. Menggunakan situs penyedia iklan

Untuk membantu Anda dalam melakukan strategi pemasaran melalui online, Anda dapat memasang iklan melalui berbagai situs penyedia iklan yang banyak tersebar di internet, seperti Google adwords, Facebook Ads, SEO, Instagram Ads dan berbagai situs lainnya.

Baca Juga: Tips Memilih Penyedia Jasa Layanan Iklan Online yang Professional

Mengapa harus menggunakan situs penyedia iklan? Sebab situs-situs tersebut akan membuat iklan mengenai produk atau jasa UKM yang Anda tawarkan menjadi semakin optimal sehingga membuat traffic pengunjung ke toko virtual Anda menjadi semakin tinggi.

Jika Anda merasa kesulitan dalam menggunakan situs penyedia iklan tersebut atau Anda kurang memahaminya, Anda tidak perlu khawatir sebab Logique Digital Indonesia siap membantu Anda untuk mewujudkan keinginan Anda dengan menyediakan layanan jasa pemasaran digital.

Segera hubungi Logique Digital Indonesia melalui email ke [email protected] atau kunjungi website kami di www.logique.co.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *