Penggunaan Chatbot Mulai Rambah Perbankan dan Ritel di Indonesia

Saat ini penggunaan teknologi automasi percakapan atau chatbot telah menjadi tren terbaru bagi para pelaku bisnis. Teknologi ini merupakan pengembangan dari kecerdasan buatan yang dinilai mampu untuk meningkatkan kualitas pemenuhan kebutuhan serta pelayanan kepada para konsumen.

Salah satu teknologi tersebut adalah chatbot yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan lokal pengembang kecerdasan buatan, yaitu Kata.ai dengan dua produknya Sabrina dan Shalma. Kata.ai membuat Sabrina dan Shalma untuk mengakomodir kebutuhan industry perbankan dan ritel.

Sabrina saat ini telah dipakai oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), sedangkan Shalma telah dimanfaatkan oleh salah satu perusahaan ritel di Indonesia, yaitu Alfamart. Chatbot memang dirancang untuk menjalankan suatu fungsi melalui percakapan secara alamiah, dimana memungkinkan para pengguna dapat berbicara dengan program ini yang seakan-akan sedang berbicara dengan manusia.

Baca Juga: Manfaatkan Aplikasi, Bisnis Sewa Ruang Jadi Primadona di 2018

Chatbot ini memungkinkan BRI dan Alfamart untuk menawarkan pengalaman yang lebih baik dalam melakukan interaksi dan untuk meningkatkan kepuasan para konsumen. Dengan dikembangkannya kedua chatbot ini merupakan suatu kesempatan dalam mengimplementasikan teknologi kecerdasan buatan secara luas kepada masyarakat Indonesia.

“Kami sangat yakin bahwa apa yang kami capai melalui kerja sama dengan BRI dan Alfamart adalah suatu langkah demokratisasi AI sebagai suatu perangkat yang mampu meningkatkan prodktivitas masyarakat Indonesia,” ucap Co-Founder dan CEO Kata.ai, Irzan Raditya, seperti dilansir laman Detik.com.

“Hal ini tentunya sangatlah relevan mengingat jangkauan mendalam dari kedua perusahaan ini di Indonesia serta bagaimana mereka mampu memegang peran fundamental di dalam kehidupan sehari-hari kita semua,” tambahnya lagi.

Sabrina merupakan singkatan dari Smart BRI New Assistant yang diharapkan suatu saat nanti akan menjadi sebuah asisten virtual yang dapat membantu para konsumen BRI dalam mengakses berbagai informasi mengenai layanan perbankan dan finasial. Sabrina diklaim mampu membantu para konsumen dalam menemukan lokasi BRI terdekat serta menangani berbagai keluhan para pelanggan. Selain itu, semua layanan percakapan pada Sabrina dapat diakses menggunakan Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Ini Alasan Mobile Working Lebih Disukai Para Pebisnis

Sedangkan Shalma adalah suatu pengembangan AI yang merupakan singkatan dari Sahabat Alfamart. Shalma sengaja dihadirkan untuk memenangkan hati para konsumen. Selain itu, Shalma juga akan memberikan pengalaman berinteraksi yang lebih baik lagi dengan para konsumen.

Kata.ai sebelumnya telah merilis Veronika yang merupakan chatbot kepunyaan Telkomsel serta Chatbot Jemma milik Unilever di tahun 2017 lalu.

One thought on “Penggunaan Chatbot Mulai Rambah Perbankan dan Ritel di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts