Bikin Blog Bisnis Tapi Tidak Berkembang? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Saat bikin blog bisnis, yang terlintas dipikiran Anda pasti adalah bagaimana cara untuk menulis artikel atau sekedar jualan online saja. Namun ternyata blog juga dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki, sebut saja Bhinneka, Traveloka dan berbagai macam blog lainnya. Dengan perkembangan teknologi saat ini, rasanya hampir semua jenis bisnis dapat memanfaatkan blog.

Meskipun pada kenyataannya banyak orang yang telah mengetahui manfaat dari sebuah blog, namun tetap saja banyak yang mengalami kegagalan. Terdapat banyak alasan yang mengapa sebuah blog gagal dalam mengembangkan bisnis Anda atau justru malah menjatuhkan bisnis yang sedang Anda jalani. Inilah 5 alasan umum mengapa sebuah blog tidak dapat mengembangkan bisnis Anda:

1. Lamanya konten

Ketika bikin blog bisnis, salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah konten. Konten merupakan salah satu elemen penting dari sebuah blog. Karena itu wajib hukumnya bagi para pengelola blog untuk selalu melakukan update konten. Usahakan untuk membuat jadwal rutin pengisian konten minimum seminggu sekali. Hal ini dikarenakan, blog tidak dilakukan update, sehingga akan dianggap sebagai blog yang tidak terurus oleh para pembacanya.
Lihat Informasi Terkait

2. Tidak sesuai dengan bisnis

Menambahkan konten blog secara rutin belum dapat menjamin bahwa bisnis yang Anda lakukan dapat berkembang. Karena itu, Anda perlu memastikan bahwa konten yang ditambahkan telah sesuai dengan bidang bisnis yang Anda jalankan. Jika bisnis yang Anda jalankan merupakan alat kecantikan, maka sebaiknya buatlah konten artikel yang berhubungan dengan kecantikan, bukan malah membuat konten artikel olahraga. Dengan membuat tulisan yang sesuai dengan bidang bisnis Anda, maka Anda menanamkan mindset kepada para pelanggan bahwa Anda merupakan seseorang yang ahli di bidang tersebut.
Lihat Informasi Terkait

3. Terlalu banyak iklan

Tujuan bikin blog bisnis sebenarnya adalah untuk meningkatkan konversi penjualan. Akan tetapi, Anda harus pintar dalam melakukan penempatan iklan untuk mempromosikan bisnis Anda tersebut. Seseorang akan menyukai iklan yang sesuai dengan minatnya, karena itu buatlah sebuah iklan yang tidak terlihat seperti sebuah iklan. Caranya cukup mudah, ketika Anda menulis sebuah artikel blog, maka sangat disarankan untuk menggunakan porsi 90% untuk konten informasi dan 10% untuk iklan.
Lihat Informasi Terkait

4. Desain yang tidak menarik

Desain blog yang bagus dan menarik tentunya akan membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Karena itu, perhatikan detail desain website bisnis Anda terutama kontras warna antara konten dan background website. Usahakan membuat desain tampilan blog yang sesuai dengan target pembaca agar pembaca blog tertarik dan mengunjungi website Anda.
Lihat Informasi Terkait

5. Tidak melakukan SEO

Kesalahan yang seringkali dilakukan sehingga menyebabkan sebuah blog gagal dalam mengembangkan bisnis adala karena tidak menerapkan strategi SEO pada artikel yang dibuatnya. Mengapa hal ini bisa terjadi? SEO sangatlah penting terutama untuk sebuah blog bisnis sebab dapat menjadi salah satu sumber traffic utama. Karena itu, sangat baik untuk belajar melakukan SEO, sebab sebuah blog tidak akan banyak membantu kegiatan bisnis Anda tanpa adanya pengunjung sama sekali.
Lihat Informasi Terkait

Jika Anda merasa tidak mempunyai kemampuan dalam melakukan 5 hal tersebut di atas, sebaiknya gunakan perusahaan jasa konsultan IT yang melayani pemasaran digital. Salah satunya adalah Logique Digital Indonesia yang merupakan perusahaan jasa konsultan IT asal Jepang yang telah berpengalaman di berbagai bidang digital marketing selama lima tahun.

Jika Anda ingin memakai jasa Logique Digital Indonesia, Anda dapat menghubungi kami di info@logique.co.id atau di www.logique.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts