Begini Seharusnya Pebisnis Online Atasi Digital Divide

Dengan berkembangnya teknologi internet sehingga semakin luas, membuat pemantapannya pun tidak hanya terfokus pada kota-kota besar saja, melainkan sudah semakin meluas hingga ke berbagai pelosok negeri. Selain itu, para provider atau penyedia jasa internet juga semakin gencar dalam melakukan branding dengan memberikan penawaran terbaik kepada para konsumennya. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari teknologi, aplikasi mobile, akses internet serta data, dimana semua itu tidak lain hanyalah untuk menunjang peningkatan kualitas hidup masyarakat agar menjadi lebih baik.

Jangkauan teknologi memang semakin lama semakin meluas, namun kesenjangan digital atau yang disebut dengan digital divide tetap saja ada. Karena itu, pemerintah serta beberapa pihak yang berkompeten di bidangnya diminta untuk melakukan campur tangan, terutama para pebisnis online.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Online? Coba Tengok Para Pebisnis Online Ini

80% populasi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan tentunya sudah merasakan manfaat dari sebuah aplikasi mobile maupun website di berbagai askpek kehidupannya. Namun, bagaimana bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan? Sekarang ini, masih banyak warga pedesaan yang bahkan belum mengenal dunia teknologi. Hal ini dikarenakan ketimampuan mereka dalam membeli perangkat digital atau kurangnya kemampuan dalam melakukan pengoperasiannya.

Di Indonesia sendiri, masalah digital divide paling umum dikarenakan ketikamerataan pemerintah dalam membangun infrastruktur jaringan komunikasi serta regulasi yang belum sepenuhnya dilakukan di setiap daerah, perbedaan wawasan dan masih rendahnya kesadaran masyarakat mengenai manfaat teknologi informasi untuk berbagai aktifitas kehidupan. Hal ini tentunya menjadi musuh bagi para pebisnis online, sebab dapat mempersempit market, karena produk atau jasa yang mereka tawarkan hanya dapat diakses menggunakan aplikasi mobile atau website.

Namun, bagi para pebisnis online yang cukup peka, ternyata mampu mengubah permasalahan ini menjadi peluang yang cukup besar, sebab di beberapa negara berkembang, para pebisnis online melalui aplikasi mobile maupun website yang telah mereka kembangkan mulai melakukan tindakan nyata dengan mendatangi daerah-daerah, baik yang telah terjangkau jaringan informasi, maupun bagi para masyarakat yang belum menyadari betapa pentingnya penggunaan teknologi saat ini.

Baca Juga: Begini Cara Meningkatkan Jenis Usaha Bisnis Online Yang Efektif

Perusahaan atau para pebisnis online tersebut memperkenalkan produk atau jasanya dengan cara memberikan pelatihan mengenai bagaimana cara mengakses, mengoperasikan, serta melakukan transaksi pada sebuah aplikasi mobile atau website. Hal ini tentunya akan menguntungkan pada pebisnis online tersebut, sebab para masyarakat yang diberikan pelatihan tentunya akan membeli barang/ jasa yang telah mereka pelajari melalui perusahaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts