akun

Smartphone Hilang? Begini Tips Amankan Akun WhatsApp Anda

Februari 27th, 2018 |

Jika Anda kehilangan smartphone karena jatuh atau dicuri, maka tentunya hal tersebut sangat tidak nyaman sebab Anda kehilangan berbagai macam kontak penting yang ada di WhatsApp. Namun, jika Anda sering melakukan back-up riwayat percakapan dengan menggunakan Google Drive, iCloud atau berbagai macam layanan back-up lainnya tentu akan sangat beruntung, sebab dapat mengaktifkan kembali akun dan berbagai macam riwayat percakapan.

Tapi bagaimana yang belum melakukan back-up data sama sekali sebelum smartphone mereka hilang? Nah, kali ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan mengontak tim WhatsApp dan menonaktifkan kartu SIM Anda agar tidak digunakan untuk hal yang negative.

Berikut ini adalah langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan data WhatsApp ketika smartphone Anda hilang, yaitu:

Mengunci kartu SIM

Ketika smartphone Anda hilang, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunci kartu SIM Anda dengan mengontak provider kartu SIM Anda. Dengan melakukan hal ini, maka akan menutup langkah pencuri untuk dapat masuk ke akun WhatsApp Anda, sehingga tidak bisa seenaknya dalam menggunakan akun Anda.

Menghidupkan kembali Akun WhatsApp

Setelah menonaktifkan kartu SIM, segeralah untuk mengaktifkan WhatsApp Anda para perangkat mobile lain. Caranya adalah dengan menggunakan kartu SIM dengan nomor seluler yang sama pada smartphone Anda yang hilang, sebab WhatsApp hanya dapat diaktifkan pada satu perangkat dengan satu nomor saja.

Lakukan kontak segera dengan tim WhatsApp

Segera lakukan kontak dengan tim WhatsApp melalui email. Gunakan kalimat penegas dalam badan email yang dikirim kepada tim WhatsApp berupa kata ‘Lost/stolen : Deactivate my account’. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian tim WhatsApp untuk segera melakukan tindakan. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyertakan nomor seluler Anda yang terdapat pada smartphone Anda yang hilang tersebut disertai dengan kode negara. Untuk Indonesia mempunyai kode +62.

Lakukan penonaktifkan WhatsApp

WhatsApp dapat aktif dengan menggunakan WiFi, karena itu segeralah kontak tim WhatsApp agar dapat menonaktifkan WhatsApp Anda agar pencuri tidak mampu menguasai akun Anda.

Manfaatkan jangka waktu pengaktifan WhatsApp

Untuk dapat mengaktifkan kembali akun WhatsApp Anda pada smartphone yang hilang, Anda mempunyai jangka waktu sebanyak 30 hari. Jika lewat dari batas jangka waktu tersebut, maka akun WhatsApp anda akan sepenuhnya terhapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *