Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Nielsen Consumer Media pada tahun 2017 lalu, menyebutkan bahwa penetrasi internet yang ada di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup timggi. Hal ini tentu mengindikasikan bahwa saat ini masyarakat Indonesia semakin gemar dalam mengakses berbagai macam konten digital melalui internet.
Hal ini tentu dapat dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan startup yang ada di Indonesia dalam menyampaikan pesan dengan memanfaatkan brand yang dimiliki karena tingginya konsumsi konten digital yang ada di Indonesia.
Anish Daryani, Founding Partner & President Director M&C Saatchi Indonesia mengatakan bahwa saat ini konten yang menarik dapat menjadi alat komunikasi yang efektif dan mudah diterima oleh para masyarakat. Apalagi menurutnya, kebanyakan orang Indonesia masih percaya dengan komunikasi yang didapatkan melalui komunitas, grup atau kelompok.
Baca Juga: Begini Langkah Melakukan Pemasaran Menggunakan Media Digital
Karena itu, dalam dunia digital marketing ada empat saluran komunikasi yang menurutnya cukup efektif dalam menyampaikan konten digital kepada para masyarakat, antara lain yaitu:
- Media Sosial
- Content Marketing
- Influencer
- Search Engine Optimization (SEO)
Namun, meskipun keempat saluran komunikasi tersebut terbilang efektif dalam dunia digital marketing, bukan berarti tidak akan menghadapi tantangan walaupun Anda telah membuat konten yang menarik. Semua ini karena demografi dan psikografi masyarakat Indonesia yang cukup luas, serta adanya faktor ketertarikan dan perilaku yang beragam pada masing-masing daerah yang ada di Indonesia sehingga membuat hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk para pelaku dunia digital marketing.
Daryani juga menambahkan bahwa di era digital saat ini, dikenal isitilah “it’s a minute by minute world”, dimana konten akan selalu berkembang dan berubah setiap harinya. Karena itu, apa yang menjadi viral hari ini belum tentu besik masih menjadi topik yang seringkali diperbincangkan.
“Dinamika arus informasi yang begitu instan saat ini merupakan salah satu tantangan tersendiri di dunia digital marketing saat ini,” jelasnya
Baca Juga: Tips Menulis Konten Sosial Media Marketing Untuk Bisnis Anda
Untuk menjawab semua tantangan tersebut diperlukan strategi konten marketing yang handal dan profesional sehingga nantinya akan membuat para konsumen tertarik untuk datang dan memakai jasa atau produk Anda.
Dalam membuat sebuah strategi marketing yang baik, sebaiknya Anda menggunakan jasa konsultan IT yang menyediakan layanan pemasaran digital. Sebab, pada umumnya konsultan IT yang memberikan pelayanan pemasaran digital tentunya telah mempunyai strategi konten marketing yang efektif.
Salah satu perusahaan jasa konsultan IT adalah Logique Digital Indonesia yang menyediakan jasa layanan pemasaran digital dengan pengalaman selama lebih dari lima tahun dan telah menangani berbagai macam proyek digital, seperti pembuatan website, aplikasi dan pengembangannya.
Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa Logique Digital Indonesia, silahkan hubungi kami di info@logique.co.id atau kunjungi website kami di logique.co.id