media digital

Begini Langkah Melakukan Pemasaran Menggunakan Media Digital

Februari 22nd, 2018 |

Saat ini, menggunakan media digital sebagai alat pemasaran suatu produk atau jasa merupakan salah satu strategi marketing yang terbilang cukup efektif karena dapat menjangkau semua konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan. Namun, Anda juga tidak boleh sembarangan dalam melakukannya, diperlukan suatu langkah atau strategi pemasaran yang efektif dalam menggunakan media digital tersebut.

Dalam menerapkan pemasaran digital (online) melalui media digital, diperlukan banyak teknik serta praktek yang harus diterapkan. Apalagi saat ini banyak orang yang ketergantungan dalam melakukan pemasaran offline. Karena itulah dalam melakukan pemasaran digital diperlukan beberapa elemen utama, seperti ponsel, SMS (pesan teks), menampilkan iklan spanduk serta digital luar. Karena itu, dengan menggabungkan kedua strategi tersebut, yaitu offline dan online, maka kegiatan promosi tentunya akan menjadi semakin maksimal.

Dalam melakukan pemasaran digital, terdapat beberapa faktor penting yang harus Anda perhatikan, mulai dari faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi. Dengan memperhatikan beberapa faktor tersebut, nantinya akan menjadi media baru dengan kapasitas yang besar, interaktif dan multimedia sehingga menghasilkan era baru di dunia digital dalam bentuk interaksi sosial antara produsen, perantara pasar serta konsumen. Pemasaran digital saat sedang dalam tahap perluasan dalam mendukung pelayanan perusahaan serta keterlibatan dari para konsumen.

Langkah-langkah melakukan pemasaran digital

Untuk melakukan pemasaran digital, terdapat beberapa langkah yang perlu Anda lakukan yaitu Awareness, Interest, Desire, dan Action.

Awareness (Kesadaran)

Yaitu pemasaran membangun kesadaran konsumen dengan melakukan pemasangan iklan mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan di berbagai media online.

Interest (Ketertarikan)

Setelah menyadarkan masyarakat bahwa terdapat produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka akan timbul Interest/ ketertarikan. Pada umumnya, para konsumen akan langsung mencari informasi mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan di pasar untuk sistem offline-nya. Sedangkan untuk sistem online-nya, biasanya para konsumen akan mencari tahu mengenai informasi produk atau jasa tersebut melalui mesin pencari atau situs jejaring sosial.

Desire (Keinginan)

Setelah konsumen tertarik dengan produk atau jasa tersebut, selanjutnya konsumen akan mempunyai keinginan untuk mencoba produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jika melalui sistem online, maka para konsumen akan mencari keterangan yang bisa didapatkan mengenai produk atau jasa tersebut melalui situs web dan lain-lainnya.

Action (Tindakan)

Setelah mengetahui informasi mengenai produk atau jasa tersebut melalui berbagai sistem, baik online maupun offline, maka para konsumen tentu akan mengambil tindakan berupa membeli produk atau memakai jasa yang telah ditawarkan tersebut.

Jika Anda tidak mampu atau ragu dalam menerapkan hal ini, Anda dapat menggunakan jasa konsultan IT yang profesional dan mempunyai banyak pengalaman yang melayani jasa pemasaran digital. Salah satunya adalah Logique Digital Indonesia.

Logique Digital Indonesia merupakan salah satu perusahaan konsultan IT asal Jepang yang menyediakan jasa layanan pemasaran digital di Indonesia. Jika Anda ingin menggunakan jasa Logique Digital Indonesia, silahkan menghubungi kami di [email protected] atau di www.logique.co.id.

Sumber: Dimakstrategy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *