5 Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Sumber: Getty Images

Salah satu factor yang ikut menentukan performa perusahaan adalah pemasaran produk. Karena itu dibutuhkan strategi pemasaran produk yang efektif agar performa perusahaan meningkat. Strategi pemasaran produk merupakan suatu kegiatan yang dilakukan agar produk yang Anda buat dapat dikenal secara lebih luas ke seluruh masyarakat.

Nah, berikut ini adalah 5 strategi pemasaran produk yang efektif untuk dapat meningkatkan penjualan, yaitu:

Menggunakan Social media

Di era digital seperti sekarang ini, social media menjadi salah satu alat pemasaran yang tentunya paling efektif, sebab hampir semua orang saat ini telah mempunyai social media sebagai alat untuk menjalin interaksi dengan berbagai kalangan. Dengan biaya yang sangat murah serta tingkat visibilitasnya yang tinggi, membuat beberapa perusahaan berlomba-lomba untuk membuat social media mereka masing-masing dan memasarkan semua produk yang mereka buat, sehingga apa yang mereka tawarkan mempunyai peluang yang sangat besar untuk dapat terjual.
Lihat Informasi Terkait

Baca Juga: Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Perkembangan Usaha Anda

Menawarkan produk secara gratis

Cara ini cukup ampuh dalam menjaring konsumen, sebab segala sesuatu yang gratis tentunya akan sangat sulit untuk dilewatkan begitu saja. Namun, alasan lain mengapa strategi ini perlu dilakukan adalah karena seringkali seorang customer belum pernah membeli dan mencoba produk tersebut. Karena itu, perusahaan perlu membuat sebuah event atau langsung menawarkan sample atau contoh produk kepada para konsumen secara gratis, atau jika produk yang Anda pasarkan berupa jasa atau media digital, maka Anda dapat menawarkan free trial kepada konsumen.
Lihat Informasi Terkait

Memberikan insentif untuk rekomendasi

Sebuah produk dikatakan bagus dan terpercaya jika terdapat testimoni langsung dari para pelanggan yang telah memakai produk atau jasa tersebut. Karena itu, Anda perlu memberikan suatu penghargaan berupa insentif yang menarik kepada para konsumen yang mau memberikan testimoninya. Insentif yang diberikan tidak melulu harus berupa uang, namun juga dapat berupa sebuah hadiah atau potongan harga. Dengan melakukan strategi pemasaran produk ini, maka secara tidak langsung perusahaan telah memenangkan dua pihak sebagai sasaran marketingnya, yaitu pelanggan yang loyal dan calon pelanggan.

Baca Juga: 5 Tips Menjalankan Sosial Media Marketing bagi Bisnis Anda

Menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan

Pelanggan yang loyal tentu merupakan suatu aset tersendiri bagi suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan mereka telah banyak membeli produk Anda sehingga menyumbang pemasukan untuk perusahaan Anda secara rutin. Karena itu, jika Anda tidak ingin kehilangan pelanggan yang loyal tersebut di tengah banyaknya persaingan pada produk yang serupa, maka tidak ada salahnya, Anda memberikan sedikit penghargaan kepada pelanggan yang loyal tersebut. Penghargaan tersebut dapat berupa menanggapi masukan dari pelanggan tersebut atau memberikan hadian secara langsung.

Memilih tempat yang strategis

Tempat yang strategis tentunya menjadi salah satu strategi pemasaran produk yang perlu untuk dipertimbangkan. Sebelum memilih tempat dalam memasarkan produk Anda, sebaiknya Anda melakukan analisis terlebih dahulu dari target konsumen yang menjadi sasaran produk Anda serta kemudahan dalam menjangkaunya. Jika yang Anda jual merupakan sebuah produk software untuk perkantoran, maka tempat yang paling strategis untuk menjualnya adalah yang dekat dengan Gedung-gedung perkantoran.

Jika Anda merasa kesulitan dalam menerapkan strategi pemasaran produk di atas, Anda bisa saja menggunakan jasa konsultan IT untuk menganalisis dan memberikan solusi untuk memasarkan produk Anda. Salah satu perusahaan jasa konsultan IT yang menawarkan layanan pemasaran produk adalah Logique Digital Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan digital marketing asal Jepang yang telah berpengalaman di berbagai bidang digital marketing.

Jika Anda merasa tertarik untuk memakai jasa Logique Digital Indonesia dalam memasarkan produk, silahkan hubungi Logique Digital Indonesia di email: info@logique.co.id atau website kami di www.logique.co.id.

3 thoughts on “5 Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Sumber: pixabay.com/@PhotoMIX-Company
Sumber: pixabay.com/@Suomy
Sumber: pixabay.com/@diggitymarketing