Wikipedia Sudah Tidak Dapat Diakses Secara Gratis, Mengapa?

Salah satu situs terpopuler yang menyediakan berbagai macam artikel pengetahuan di berbagai negara, Wikipedia dahulu dapat diakses secara bebas tanpa mengurangi data mobile dari penggunanya. Namun, saat ini hal tersebut tidak berlaku lagi. Hal ini dikarenakan, Wikimedia Foundation telah mengumumkan secara resmi penyelesaian program Wikipedia Zero (program gratis) pada tahun ini.

Hal ini terpaksa dilakukan akibat telah berakhirnya kemitraan yang berlangsung antara Wikipedia dengan 97 operator seluler yang terdapat di 72 negara yang menghapuskan biaya data mereka saat pengguna mengakses situs ensiklopedia tersebut secara online.

Baca Juga: Pengembangan Web Sistem Anda Gagal? Mungkin Ini Penyebabnya

Sejak perilisannya tahun 2012 lalu, program Wikipedia Zero berhasil menyedot perhatian masyarakat dunia sebab tersedianya akses gratis ke lebih dari 800 juta orang yang tersebar di beberapa negara berkembang, seperti Myanmar dan Nepal. Akan tetapi Wikimedia Foundation pun mengakui bahwa biaya data akan meningkat seiring dengan meningkatnya era digital.

Wikimedia Foundation juga mengatakan bahwa program Wikipedia Zero sebenarnya bukan program komersial serta tidak melibatkan pertukaran pembayaran atau pemberian hak eksklusif kepada para operator.

Akan tetapi, Gayle Karen Young, Chief Culture and Talent Office Wikimedia Foundation pada tahun 2014 pernah mengatakan bahwa saat ini, organisasi tersebut mempunyai hubungan yang terbilang cukup rumit dengan netralitas bersih.

“Kami sangat percaya terhadap netralitas bersih yang ada di Amerika. Dengan melakukan kemitraan dengan perusahaan telekomunikasi dalam hubungan dekat ini justru mengaburkan garis netralitas bersih yang ada di berbagai wilayah tersebut. Karena itu, untuk memenuhi seluruh misi, maka kami memberikan pengetahuan secara gratis,” ucapnya lagi.

Baca Juga: Beberapa Tahapan Pengembangan Sistem Web Yang Perlu Diketahui

Meskipun pada akhirnya program akses gratis tersebut dihentikan, namun organisasi tersebut akan berusaha untuk lebih mengeksplorasi lagi berbagai macam cara untuk melayani para negara berkembang, termasuk melalui kampanye yang sengaja dirancang untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya misis Wikipedia di berbagai negara.

“Tercapainya keberhasilan ini justru telah memberikan kami beberapa ide dalam membuat program kemitraan selanjutnya, dan di tahun mendatang kami akan mencoba mencari cara lain untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan beberapa penemuan kami dari berbagai penelitian yang kami buat. Begitu juga dengan program Zero Wikipedia yang nantinya akan diarahkan sebagai wujud masa depan kami bersama dengan mitra,” terang Wikimedia Foundation, seperti dilansir IDN Times.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts