5 Tips Menjalankan Sosial Media Marketing bagi Bisnis Anda

Sosial media marketing merupakan aktivitas pemasaran yang marak digunakan oleh khalayak pada saat ini. Sosial media cukup banyak digunakan sebagai alat untuk aktivitas pemasaran karena tidak mengeluarkan banyak biaya dan dapat digunakan oleh siapa saja. Jika Anda ingin menggunakan sosial media sebagai alat untuk menunjang bisnis Anda, namun Anda bingung ingin memulainya darimana, berikut ini sejumlah strategi sosial media marketing yang dapat Anda implementasikan pada bisnis Anda.

Strategi Sosial Media Marketing bagi Bisnis Anda

1. Membangun Brand Awareness

sosial media marketing

Brand awareness adalah daya ingat konsumen atau calon konsumen mengenai suatu produk atau perusahaan. Hal ini dapat Anda ciptakan dengan membuat suatu logo yang merepresentasikan bisnis atau produk Anda. Anda dapat menggunakan sejumlah pihak yang dapat membantu Anda dalam membuat suatu logo seperti branding consultant atau visual designer jika Anda memiliki sejumlah dana. Alternatif yang lain, Anda dapat menggunakan website editor yang cukup mudah digunakan untuk membuat logo. Website editor yang dapat digunakan untuk membuat logo antara lain adalah Generator, GraphicSprings Logo Creator, dan Logaster. Strategi sosial media marketing lain adalah

2. Manfaatkan Fitur yang ada pada Sosial Media

Sosial media memiliki fitur-fitur yang memudahkan penggunanya untuk berinteraksi satu sama lain. Fitur-fitur tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi bagi produk atau suatu bisnis. Contohnya, facebook memiliki fitur tag place yang dapat dipilih oleh khalayak ketika hendak melakukan posting. Fitur tag place ini, dapat menjadi sarana promosi yang efektif bagi perusahaan atau bisnis yang sedang dijalankan. Contohnya, jika seseorang melakukan tag place di tempat Anda pada postingannya, maka perusahaan Anda dapat dilihat oleh teman-teman sosial media orang tersebut.

Hashtag pada instagram juga dapat membantu khalayak untuk menemukan apa yang Anda posting. Kata pada suatu hashtag layaknya suatu kata kunci yang dapat membantu khalayak dalam menemukan bisnis Anda pada sosial media. Jika Anda dapat mencantumkan hashtag dengan tepat, maka semakin banyak khalayak akan mengetahui produk atau bisnis yang Anda jalankan.

3. Membangun Relasi di Sosial Media

sosial media marketing

Di dalam sosial media, relasi merupakan suatu hal yang sangat penting. Hal tersebut bisa didapatkan melalui membalas sejumlah pesan-pesan atau komentar yang masuk dan mengikuti sejumlah akun yang terkait dengan bisnis Anda. Hal ini diperlukan untuk menambah bahan-bahan konten Anda ataupun mempermudah proses kerjasama dengan pihak-pihak tertentu bilamana diperlukan.

Tertarik untuk Menggunakan Jasa Kami? Anda Dapat Mengunjungi Link Berikut PT. LOGIQUE DIGITAL INDONESIA

4. Menentukan Target Audience

Tentukanlah siapa target audience atau khalayak sasaran Anda. Buatlah kriteria khalayak sasaran sesuai dengan produk Anda. Berdasarkan segmentasi pasar yang telah Anda tentukan, untuk selanjutnya Anda dapat menentukan kembali sosial media apakah yang cocok bagi khalayak sasaran Anda, kapankah waktu-waktu yang tepat untuk melakukan posting & konten seperti apakah yang sebaiknya Anda posting pada sosial media Anda

Baca Juga:

5. Evaluasi

sosial media marketing

Dengan melakukan evaluasi, maka Anda dapat melihat serta melakukan pengukuran sejauh mana performa sosial media pada bisnis Anda. Dari hasil evaluasi, Anda juga dapat meningkatkan sesuatu yang masih jauh dengan ekspektasi Anda dan berkaca pada konten yang telah berhasil mendapatkan feedback yang cukup banyak dari audiens. Selain itu, Anda juga dapat melakukan repurposing-content jika Anda melakukan evaluasi pada sosial media Anda. Re-purposing content adalah penggunaan konten secara berulang dari konten yang berhasil mendapatkan feedback positif dari audiens. Konten tidak hanya diposting begitu saja, namun visualisasi konten dijadikan acuan untuk posting-posting berikutnya agar mendapatkan timbal-balik yang sama, bahkan lebih.

Untuk mempermudah melakukan evaluasi, setiap sosial media kerap kali menyediakan fitur analytics. Link dibawah dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk mengukur performa sosial media pada bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts