Begini Cara Memaksimalkan Media Sosial Facebook Untuk Bisnis

Siapa yang tidak mengenal salah satu jejaring sosial yang satu ini, Facebook. Situs jejaring media sosial ini merupakan salah satu situs yang paling dekat dengan manusia, terutama di era digital saat ini, tidak terkecuali Indonesia. Berdasarkan data dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tahun 2014, jumlah pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai angka 60 juta pengguna. Angka ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan masyarakat pengguna Facebook terbesar di dunia saat ini. Angka tersebut jika dilihat dari sisi usaha atau bisnis tentu sangat menarik, sebab banyak potensi yang mampu kita gali dari angka tersebut.

Salah satunya adalah melakukan strategi pemasaran menggunakan media sosial Facebook. Yap, strategi pemasaran menggunakan Facebook merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup mudah dengan harga yang terjangkau serta efektif dalam memasarkan produk Anda. Namun, itu pun jika Anda mampu dan mengerti bagaimana cara memaksimalkannya.

Karena itu, kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara memaksimalkan bisnis usaha Anda menggunakan media sosial Facebook. Yaitu:

Menggunakan Facebook Fanspage bukan Facebook Personal

Untuk melakukan strategi pemasaran bisnis menggunakan media sosial Facebook, maka langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengetahui karakteristik dari Facebook itu sendiri. Perlu Anda ketahui bahwa pada Facebook terdapat dua pilihan, yaitu Facebook personal dan fanspage. Untuk melakukan pemasaran bisnis usaha Anda sebaiknya gunakan Facebook fanspage bukan personal.

Hal ini karena facebook personal mempunyai kemampuan dan daya tamping yang terbatas, yaitu hanya dapat menampung sebanyak 5000 teman saja, berbeda dengan facebook fanspage yang mampu menampung teman dalam bentuk like alias tidak terbatas.
Lihat Informasi Terkait

Gunakan fitur penjadwal status secara otomatis

Untuk menunjang keberhasilan strategi pemasaran Anda, sebaiknya Anda menggunakan fitur yang memang telah disediakan oleh Facebook, yaitu fitur penjadwal status secara otomatis. Hal ini diperlukan untuk memudahkan Anda dapat melakukan update status di Facebook ketika Anda benar-benar sedang sibuk.

Buat perencanaan konten

media sosial

Salah satu cara paling efektif dalam memaksimalkan strategi pemasaran di facebook adalah dengan membuat perencanaan konten. Hal ini dikarenakan konten yang terencana dengan baik tentu akan membantu para pemasar ataupun pebisnis dalam menentukan arah strategi konten pemasaran yang akan dilakukan. Jika Anda kesulitan, maka Logique Digital Indonesia mampu menyediakan jasa pemasaran konten digital, termasuk Facebook sehingga Anda tidak perlu repot dalam memikirkan dan mengatur pemasaran melalui Facebook fanspage bisnis Anda.
Lihat Informasi Terkait

Menggunakan facebook Ads (Iklan)

Selain fitur di atas, Facebook juga menyediakan fitur yang berbayar dengan harga terjangkau. Fitur ini berfungsi untuk meningkatkan jumlah likes dari fanspage Anda. Selain itu, facebook Ads ini mampu mengiklankan produk bisnis atau usaha Anda ke target market yang telah tersegmen dengan baik.

Lakukan percakapan dengan fans

Untuk meningkatkan jumlah permintaan serta membangun relasi dengan para calon konsumen, sebaiknya Anda melakukan beberapa percakapan dengan beberapa fans Anda. Jika memang dalam fanspage yang Anda buat ada pertanyaan, sebaiknya segera respon pertanyaan tersebut, maksimal 1×12 jam.

Lakukan pengukuran efektifitas (Measurement)

Jika total like pada fanspage Anda sudah semakin banyak, maka sebaiknya Anda jangan lupa untuk melakukan pengukuran secara rutin dengan memanfaatkan fitur pengukuran (measurement) yang dapat ditemukan pada bagian kanan atas dari tampilan fanspage Anda (view insight). Hal ini sangat penting untuk dilakukan, selain sebagai evaluasi juga dapat mengukur sudah sampai sejauh mana efektifitas dari strategi pemasaran yang telah Anda lakukan.
Lihat Informasi Terkait

Fokuslah untuk memperbesar Like

media sosial

Anda ingin mendapatkan konsumen dalam jumlah yang sangat banyak? Maka fokuslah untuk memperbesar jumlah like. Sebab, jumlah like sama saja dengan jumlah calon konsumen Anda. Karena itu, dengan semakin banyak jumlah like yang Anda dapatkan, maka akan semakin besar juga calon pembeli Anda. Sebaiknya Anda menentukan jumlah target like yang ingin Anda peroleh, namun pastikan juga untuk selalu melakukan monitoring untuk memastikan bahwa target Anda tercapai.
Lihat Informasi Terkait

Mulailah untuk berjualan di Facebook

Untuk mulai berjualan, sebaiknya Anda menggunakan banner fanspage, status gambar dan lain-lain. Selain itu, pastikan bahwa terdapat promosi produk, gambar atau poster terpampang dengan sangat jelas. Namun yang perlu diingat adalah jangan pernah lupa untuk mencantumkan informasi kontak agar dapat dihubungi oleh para calon pembeli.

Lakukan dengan konsisten

Dalam melakukan strategi pemasaran melalui media sosial Facebook hal yang paling penting untuk dilakukan adalah konsisten dalam melakukan update status. Berdasarkan riset yang dilakukan mashable, jumlah yang paling efektif dalam melakukan update status adalah 4 hingga 6 status per harinya.

Kebanyakan para pebisnis pemula seringkali tidak konsisten dalam melakukan update status. Padahal hal itu sangatlah penting dalam melakukan strategi pemasaran melalui media sosial facebook. Karena itu, salah satu solusi yang paling mungkin dilakukan adalah dengan melakukan rekrutmen khusus atau tim yang bertanggung jawab dalam menangani facebook Anda, atau memakai jasa perusahaan Logique Digital Indonesia yang melayani pemasaran digital, termasuk media sosial Facebook.
Lihat Informasi Terkait

Jika Anda tertarik untuk memakai jasa Logique Digital Indonesia, Anda dapat menghubungi kami di [email protected] atau di www.logique.co.id.

One thought on “Begini Cara Memaksimalkan Media Sosial Facebook Untuk Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts