Peran Penting Webmaster Dalam Pembuatan Website Bisnis

Di dunia web, peran seorang Webmaster (ahli dalam dunia web) sangatlah penting untuk memastikan bahwa web server perangkat keras dan perangkat lunak dapat beroperasi secara akurat dalam merancang halaman website. Selain itu, seorang yang ahli dalam dunia web seharusnya juga dapat memeriksa jaringan melalui sebuah situs. Dirinya juga harus mempunyai pengalaman dalam hal perangkat lunak transaksi web, perangkat lunak proses pembayaran, serta perangkat lunak keamanan (security web).

Webmaster sendiri merupakan sebutan dari seseorang yang betul-betul dikenal ahli dalam dunia web. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa mereka merupakan pelaku bisnis yang menggunakan media online untuk tujual bisnisnya, seperti menjual produk atau jasa.

Peran Webmaster sendiri bukan hanya mencakup urusan teknis saja, namun juga mengawasi, memelihara, membangun, serta mengelola konten iklan pemasaran dan pemenuhan pesanan untuk situs web.

Beberapa hal yang biasanya dilakukan oleh seorang Webmaster antara lain adalah:

  1. Membuat materi serta isi dari situs web
  2. Mendesain arsitektur web
  3. Menerapkan aplikasi web
  4. Membuat tampilan web
  5. mengelola situs web

Jadi, secara garis besar, tugasnya adalah bertanggung jawab dalam merencanakan, merancang, mengelola dan memelihara situs website agar dapat berjalan dengan baik.

Lalu siapakah orang yang disebut sebagai Webmaster tersebut?

Profesi ini ternyata terbagi lagi menjadi sub yang lebih kecil, seperti:

Web Designer

Bertugas untuk mendesain halaman web. Pada umumnya yang dilakukan oleh seorang Web Designer adalah merancang halaman website sebagus mungkin agar dapat menarik pengunjung sebanyak-banyaknya.

Web Programmer

Merupakan orang yang ahli dalam pembuatan program. Pada umumnya seorang web programmer menguasai berbagai macam bahasa pemrograman, seperti javascript, php, jQuery, css database dan berbagai hal lainnya.

Web Animator

Mempunyai tugas untuk membuat animasi yang menarik untuk menarik pengunjung ke website yang sedang dikelola.

Web Administrator

Merupakan seseorang yang bertanggung jawab penuh pada suatu web yang telah dibuatnya. Seorang Web Administrator bertugas untuk:

  • Mengecek apakah instalasi, konfigurasi dan merawat hosting serta domain web berjalan dengan baik
  • Menjaga keutuhan data di dalam server
  • Mengatur account serta password untuk keperluan admin dan user
  • Mengatur keamanan server dan firewall yang ada

Itulah beberapa peran dan tugas-tugas dari masing-masing Webmaster. Jika Anda merasa kesulitan membuat atau mencari seorang Webmaster yang handal dan berkompeten, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan jasa konsultan IT asal Jepang.

Logique Digital Indonesia mempunyai segudang Webmaster yang Anda butuhkan dalam merencanakan, membuat, mengelola dan memelihara Website bisnis usaha Anda. Jika Anda membutuhkan kami, silahkan hubungi kami di [email protected] atau melalui website di www.logique.co.id.

Sumber: Dimakstrategy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts