Inilah 5 Fitur Keren Dari WordPress Yang Jarang Digunakan

Logique – Jika Anda merupakan seorang Blogger atau seorang Content Writer, maka Anda tentu mengetahui tentang salah satu CMS (Content Management System) yang telah banyak dikenal dan populer di kalangan Blogger dan Content Writer, yaitu WordPress. Anda tentu mengetahui jika WordPress mempunyai banyak plugins populer yang seringkali digunakan, seperti WP SEO by Yoast, WP Super Cache, Jetpack, Akismet, Wordfence dan berbagai plugins lainnya. Namun tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa plugins yang mempunyai fitur yang luar biasa, akan tetapi jarang sekali digunakan dan jarang Anda dengar.

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui apakah plugins yang digunakan bagus atau tidak adalah dengan cara melihat berapa banyak plugin tersebut diinstal. Padahal, tidak selamanya hal tersebut dapat dijadikan patokan, justru untuk mengetahuinya Anda dapat melakukan identifikasi dari seberapa besar manfaat plugins tersebut untuk website Anda.

Nah, berikut ini adalah plugins WordPress yang mempunyai fitur keren namun jarang diinstal oleh pemilik situs. Antara lain yaitu:

1. Elementor Page Builder

wordpress

Plugin yang satu ini adalah plugin yang harus Anda pertimbangkan manfaat serta fungsinya untuk website Anda. Dengan menggunakan Plugin Elementor Page Builder, maka proses mendesain halaman website Anda menjadi lebih sederhana untuk para pemula serta untuk para developer wordpress yang berpengalaman.

Plugin ini juga dapat Anda pergunakan di semua jenis theme WordPress dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu Anda dalam membuat hampir semua jenis halaman website.

Adapun fitur utama pada plugin ini, antara lain yaitu:

  • Dapat digunakan untuk membuat halaman depan web dengan tampilan yang profesional
  • Tersedia opsi instant edit dan loading options yang dapat digunakan untuk berbagai perubahan yang kita lakukan
  • Menyediakan lebih dari 30 pre-built template
  • Pengguna dapat membuat dan menyimpan template buatannya sendiri
  • Pengguna dapat melacak setiap perubahan yang dibuat dan dapat mengulang kembali dari awal
  • Desain lebih responsif

2. Plugin Autoptimize

Plugin ini mempunyai fitur yang terlihat sederhana namun ternyata cukup powerful. Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat dengan mudah melakukan optimasi halaman website Anda menjadi lebih cepat. Beberapa fitu utama yang terdapat pada plugin ini antara lain yaitu, fitur minifies, compress, cache untuk Javascript (JS), HTML dan CSS Code. Selain itu, plugin ini juga telah dilengkapi dengan API yang terbilang powerful sehingga penggunanya dapat melakukan kustomisasi plugin sesuai keinginan.

Adapun fitur utama plugin ini, antara lain yaitu:

  • Mampu mempercepat proses loading pada website WordPress
  • Telah dilengkapi dengan API yang ekstensif, dimana para penggunanya mampu menyesuaikan plugin sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan
  • Mampu mengumpulkan dan mengecilkan ukuran JavaScript, HTML, serta CSS code yang terdapat pada sebuah website.

3. Plugin Popup Maker

wordpress

Plugin ini biasanya digunakan untuk membuat popup. Akan tetapi, popup yang digunakan bukanlah sembarangan popup, melainkan Popup Maker yang dapat membuat tampilan notifikasi, proses loading, video lightboxes, serta berabgai fitur lainnya. Selain itu, semua fitur ini dapat dikustomisasi dengan berbagai opsi lanjutan.

Adapun fitur utama dari Popup Maker ini, yaitu:

  • Memungkinkan para pengguna untuk membuat popup dengan jumlah yang tidak terbatas
  • Plugin ini kompatibel dengan fitur plugin Contact Form dan Email Builders
  • Tersedia dalam berbagai opsi penyesuaian
  • Dapat melakukan penargetan kategori pengunjung yang ingin ditampilkan pada halaman Popup.

4. Form Maker

Plugin gratis ini berfungsi untuk memungkinkan penggunanya dalam menciptakan formulir pada blog WordPress dengan lebih kompleks dan sesuai dengan kebutuhan. Seperti plugin terdahulunya, plugin ini termasuk baru untuk fitur yang sama. Namun, meskipun terbilang masih baru, akan tetapi fiturnya cukup mengesankan, terutama di versi premiumnya.

Fitur utama yang terdapa pada plugin ini, antara lain yaitu:

  • Penggunaannya cukup mudah, Anda dapat melakukannya hanya dengan melakukan drag and drop
  • Setiap formulir dapat mendukung hingga tujuh bidang
  • Menyediakan sepuluh jenis bidang masukan dengan berbagai bidang yang berbeda
  • Telah dilengkapi dengan beberapa formulir pre-built yang berguna untuk penggunaan khusus
  • Terdapat opsi kustomisasi lanjutan (termasuk untuk fitur pratinjau)

5. Plugin Recent Posts Widget With Thumbnails

Plugin ini mempunyai fungsi untuk menampilkan konten terbaru di sebuah website dengan hanya menampilkan thumbnail serta judul artikel saja. Plugin ini jarang digunakan karena theme-theme yang ada saat ini telah mempunyai fitur yang mampu menampilkan thumbnail. Akan tetapi hal itu bisa menjadi opsi terbaik jika theme Anda tidak mampu mendukung fitur thumbnail pada list artikel terbaru.

Fitur utama pada plugin ini, antara lain yaitu:

  • Fitur widget yang mampu menampilkan postingan terbaru Anda, termasuk thumbnail
  • Mampu menampilkan excerpts posting terbaru
  • Dapat memilih gambar yang ditampilkan sebagai thumbnail

Sumber: Maxmanroe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts