Logique – Dalam berbisnis, Anda tentu memerlukan banyak sumber referensi online yang dapat membantu Anda untuk menentukan jumlah budget marketing untuk bisnis Anda. Budget marketing sendiri dapat berubah seiring dengan telah berjalannya bisnis Anda dalam setahun. Namun, bagaimana pun juga dalam berbisnis perlu adanya perencanaan pemasaran.
Karena itu, sebelum Anda berbisnis, Anda perlu membuat rencana pemasaran secara mendetail dan rinci. Berikut ini adalah 5 hal yang perlu dipikirkan dalam membuat rencana pemasaran, yaitu:
Table of Contents
Menentukan target konsumen
Dalam menyusun berbagai upaya marketing untuk menjalankan bisnis Anda, maka pertanyaan “siapa target konsumen Anda” harus dapat dijawab dengan cepat. Sebaiknya buatlah secara terperinci siapa yang akan menjadi target dalam bisnis Anda, mulai dari usia, kalangan, bahasa dan lain-lain.
Baca Juga: Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Perkembangan Usaha Anda
Jangan sekalipun menentukan target marketing secara general, sebab hal itu merupakan langkah yang buruk. Karena itu, perlu dibuat segmentasi konsumen agar pemasaran yang Anda lakukan tepat sasaran, dan Anda juga dapat dengan mudah membangun hubungan personal dengan para calon konsumen untuk memahami karakteristik serta menggali sumber potensialnya.
Membuat tujuan akhir
Langkah selanjutnya adalah membuat tujuan marketing dalam usaha atau bisnis Anda dalam jangka waktu tertentu. Seperti, memposisikan diri Anda sebagai seorang yang expert di bidang industry dan menjadi penulis lepas untuk suatu blog sehingga dapat memberikan tips dan masukan di bidang industry sekaligus menjadi salah satu strategi Anda dalam beriklan secara gratis.
Menentukan kanal pemasaran
Sebelum melakukan pemasaran, sebaiknya Anda menentukan kanal apa yang Anda ingin pakai. Sebaiknya kenali terlebih dahulu konsumen Anda dan analisis media apa yang paling banyak digunakan oleh para konsumen Anda. Karena itu, buatlah kanal pemasaran yang sesuai dengan karakteristik dan usia para konsumen Anda.
Membentuk tim
Ketika akan membuat sebuah rencana marketing, sebaiknya Anda membentuk tim yang di dalamnya diisi dengan para karyawan yang berkompeten di dalamnya. Jika kesulitan dalam mencari orang tersebut dalam perusahaan Anda, maka Anda dapat memanfaatkan bantuan dari perusahaan jasa konsultan IT, sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi dalam mencari karyawan atau orang untuk merencanakan marketing perusahaan Anda, salah satunya adalah Logique Digital Indonesia.
Baca Juga: 6 Manfaat Pemasaran Digital Marketing Untuk Usaha Anda
Membuat budget marketing
Setelah semua prosedur di atas telah Anda lakukan, maka sekarang saatnya bagi Anda untuk memperkirakan seberapa besar budget marketing yang dibutuhkan untuk bisnis Anda. Budget marketing yang Anda buat, sebaiknya konsisten dengan pertumbuhan yang Anda inginkan. Jika Anda memutuskan untuk menetapkan budget marketing setiap bulannya, maka tentu akan sulit untuk mengukur pertumbuhan dari bisnis Anda.
Sebisa mungkin buatlah budget yang realistis, mulai dari mengukur talenta yang tersedia, target marketing, dan program jangka panjangnya. Seperti, melakukan investasi dengan konten website dan SEO untuk target jangka panjang. Atau dengan merekrut tim public relation (PR) dalam periode tertentu saja.
Itulah 5 hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam membuat rencana pemasaran. Jika Anda merasa kesulitan dalam melakukan hal itu, maka sebaiknya Anda menggunakan jasa konsultan IT yang menyediakan layanan pemasaran digital. Salah satunya adalah Logique Digital Indonesia yang merupakan perusahaan jasa konsultan IT asal Jepang yang mempunyai banyak pengalaman dan telah membantu para kliennya baik yang berasal dari luar dan dalam negeri.
Jika Anda ingin menggunakan jasa Logique Digital Indonesia, silahkan hubungi kami di info@logique.co.id atau di website kami di www.logique.co.id.