Tips Melakukan Branding yang Efektif Melalui Instagram

Instagram kerap kali digunakan oleh seseorang untuk membuat personal branding pada dirinya. Menurut Erwin Parengkuan salah satu pencipta buku “Personal Brand-Inc” personal branding memiliki peran penting dalam keberlangsungan dan kesuksesan karier seseorang, karena hal tersebut bisa membantu seseorang memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain, khususnya dalam dunia kerja”.

Pada instagram, kerap kali dapat ditemukan foto-foto yang menggambarkan karakter pemilik akun instagram tersebut dari feed mereka. Sebagai contoh, jika pemilik akun tersebut adalah seorang petualang, maka dapat kita temukan foto-foto disaat pemilik akun tersebut sedang berpetualang pada feed akun instagramnya. Hal inilah salah satu contoh dalam membangun personal branding menggunakan wadah linimasa, yakni instagram.

Dengan personal branding yang cukup sukses, maka dapat dipastikan pengguna instagram lain sedang menanti-nanti untuk mem-follow akun Anda.

Bisnis yang Sukses Juga Melakukan Hal yang sama

instagram

Bagi suatu perusahaan atau institusi yang ingin mengembangkan bisnisnya atau pasarnya, juga dapat memanfaatkan linimasa sebagai tools untuk mempermudah hal tersebut. Sama halnya dengan personal branding, perusahaan atau institusi harus berusaha menciptakan hal ini dari akun mereka.

Hanya saja, kali ini bukan personal branding yang dijadikan objek untuk diperkuat pada akun mereka, melainkan brand identity dari perusahaan atau institusi yang terkait. Aktivitas branding yang dilakukan, dapat meningkatkan awareness di dalam sosial media yang digunakan oleh masyarakat secara masif.

Menurut Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati, pada tahun 2017, Indonesia merupakan negara dengan pengguna instagram terbanyak di Asia Pasifik dengan jumlah 45 juta pengguna setiap bulannya.

Sekarang, bagaimana caranya untuk mendapatkan perhatian dari khalayak yang begitu banyak terhadap akun bisnis instagram Anda? Logique akan memberikan tipsnya untuk Anda.

1. Cantumkan Merek atau Logo di dalam Akun Instagram Bisnis Anda

instagram

Buatlah merek atau logo untuk perusahaan Anda. Hal ini sangat penting agar masyarakat dapat mengenal perusahaan Anda. Rekrutlah atau gunakan jasa konsultan branding untuk membuat logo bagi perusahaan Anda. Logo haruslah simpel, bermakna, dan mengintrepretasikan bisnis Anda.

2. Konsisten terhadap Gambar pada Feed Instagram Anda

instagram

Pastikan bahwa gambar yang Anda unggah di sosial media memiliki desain yang konsisten. Banyak pakar social media marketer yang yakin bahwa feed pada suatu akun sangat berpengaruh dalam mendapatkan followers pada akun Anda.

3. Gunakan Sedikit Teks di dalam Gambar

Jika Anda ingin mengunggah gambar dengan teks pada akun Anda, pastikan bahwa konten teks pada gambar tersebut tidak terlalu banyak. Pasalnya, instagram itu sendiri menyarankan untuk menghindari pencantuman teks pada gambar yang terlalu banyak agar hasil foto dapat menciptakan feedback yang optimal dari khalayak.
Selain itu, gunakanlah font yang konsisten, carilah font yang menurut Anda menarik dan cocok terhadap karakter perusahaan Anda untuk menambah daya tarik khalayak.

4. Perhatikan Waktu

instagram

Pada dasarnya, perhatikanlah waktu saat Anda melakukan posting. Pakar social media marketers telah melakukan riset mengenai waktu penggunaan sosial media oleh khalayak. Dengan mengenali jam-jam tersebut, Anda dapat mendapatkan respons yang optimal dari khalayak dari posting yang Anda unggah. Berdasarkan pengalaman Kami, posting yang memiliki feedback yang cukup banyak terjadi pada pukul 12.00-13.00, dan 18.00-22.00.

Pengalaman kami di dalam bidang digital marketing adalah kami telah menangani sejumlah lini masa Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dalam Acara 60 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia.
Tertarik meggunakan jasa Kami? Anda dapat mengunjungi link berikut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts