Ini 3 Indikator Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan di Media Sosial

Berbisnis online menggunakan sarana media sosial saat ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Hanya bermodalkan gadget atau perangkat laptop yang sudah terkoneksi dengan internet, Anda dapat dengan mudah melakukan bisnis online ini dimana pun dan kapan pun. Apalagi saat ini telah banyak produk yang merajai bidang bisnis online, seperti produk kuliner, fashion hingga peralatan rumah tangga.

Meskipun memulai suatu bisnis online sangat praktis, namun kita belum tentu dapat menebak ekspektasi para pelanggan saat kita bertatap muka dan melakukan transaksi langsung. Karena itu, Anda harus memahami keinginan para pelanggan Anda dengan melihat indikator pengukur kepuasan pelanggan di media sosial. Lalu apa saja indikator yang perlu dilihat untuk mengukur kepuasan para pelanggan di media sosial tersebut? Berikut ini adalah indikatornya:

Pengukuran dari segi volume dan topik

media

Salah satu cara paling mudah untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan Anda di media sosial adalah dengan mengukur dari segi volume dan topik. Dari hal itu, Anda dapat memperkirakan tingkat kepuasan para pelanggan Anda melalui banyaknya pesan pribadi serta notifikasi yang kita terima di media sosial, serta respons yang diberikan oleh para pengguna media sosial terhadap konten yang Anda posting serta berapa banyak keyword bisnis Anda yang disebut dan dibicarakan oleh para pengguna media sosial.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Bisnis Butuh Jasa Social Media

Indikator yang satu ini dapat membuat Anda mengukur tingkat kepuasan dari segi kuantitas komentar melalui pengelompokkan respon dan pertanyaan yang seringkali diajukan oleh para pengguna media sosial. Melalui indikator tersebut, Anda dapat dengan mudah menyusun FAQ (Frequently Asking Question) untuk semakin mempermudah calon pelanggan dalam mencari informasi mengenai bisnis yang sedang kita geluti.

Indikator dari segi respon

media

Indikator yang satu ini mungkin perlu cukup detail untuk digunakan. Beberapa detail yang digunakan antara lain yaitu mengukur waktu respon pertama, rata-rata waktu saat menanggapi respon dari pelanggan, serta waktu rata-rata dalam menanggapi respon dan tingkat waktu pengabaian respon juga penting untuk memperbaiki kualitas pelayanan bisnis online yang sedang Anda jalani. Jika dari pengukuran tersebut, tingkat respon yang diberikan oleh pengguna media sosial rendah dan tingkat pengabaian sangat tinggi, maka Anda harus segera memperbaiki masalah komunikasi yang tidak berjalan lancar tersebut.

Jika hal ini dibiarkan, maka akan berdampak pada bisnis online yang sedang kita geluti. Sebab bisa saja bisnis online kita ditinggalkan oleh para pelanggan hanya karena masalah komunikasi saja. Karena itu, jangan pernah meremehkan masalah komunikasi dengan para pelanggan Anda terutama di media sosial.

Tingkat sentimen pada bisnis online

media

Dalam mengukur tingkat kepuasan pelanggan, maka tingkat sentimen merupakan salah satu kunci penting dalam kesuksesan bisnis Anda. Sebab jika bisnis online yang Anda lakukan memperoleh apresiasi serta reaksi positif dari para pengguna media sosial, maka tentu saja bisnis Anda akan sukses dan berkembang. Karena itu, mulai saat ini perhatikan selalu rating dan feedback yang diberikan oleh para pelanggan Anda terhadap produk serta layanan bisnis online Anda, baik saat rating tersebut memberikan nilai positif maupun negatif. Sebab nilai rating tersebut senantiasa akan menjadi acuan Anda dalam memperbaiki bisnis dan berinovasi.

Baca Juga: Manfaat Optimasi SEO Pada Mesin Pencari Dan Efek Bagi Bisnis Anda

Selain itu, kepuasan pelanggan juga menjadi salah satu indikator penting bagi kelangsungan bisnis online yang Anda jalani. Karena pelanggan setia yang puas dengan pelayanan Anda akan berusaha mempengaruhi orang lain untuk percaya dan memilih bisnis online Anda. Oleh sebab itu, strategi untuk memuaskan para pelanggan mempunyai andil yang sangat besar dan harus dilakukan secara cermat dan tepat. Anda juga perlu memperhatikan segi kompetitor, lihat apakah kompetitor Anda merasa tersaingi dengan produk atau layanan Anda, jika merasa tersaingi pastinya para kompetitor tersebut tidak akan tinggal diam dan akan berusaha untuk meningkatkan eksistensi produk mereka.

Untuk mengukur tingkat sentimen dari para pelanggan, Anda dapat menggunakan dua parameter, yaitu CSI (Customer Satisfaction Index) dan NPS (Net Promoter Score). Dengan menggunakan 2 parameter ini, maka Anda dengan mudah mengukur seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan terhadap bisnis online yang sedang Anda lakukan.

Itulah beberapa indikator atau parameter untuk mengukur tingkat kepuasan para pelanggan Anda di media sosial. Jika pelanggan merasa puas dengan pelayanan serta produk Anda, maka secara otomatis bisnis online yang Anda geluti akan sukses dan berkembang dengan pesat.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan media sosial dalam bisnis online Anda, tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan jasa pemasaran digital marketing yang profesional dan telah mempunyai pengalaman di bidangnya. Salah satunya adalah Logique Digital Marketing.

Hubungi Logique Digital Indonesia jika Anda menginginkan pembuatan media sosial serta mengukur tingkat kepuasan para pelanggan Anda di [email protected].

Sumber: Maxmanroe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts