Situs Web Seluler vs Aplikasi, Mana Yang Bagus Untuk Usaha Anda?

 

Jika Anda menginginkan smartphone yang Anda inginkan menjadi berguna untuk kemajuan bisnis atau perusahaan Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat aplikasi seluler agar pengguna dapat mengunduh aplikasi atau situs web seluler Anda. Namun sebelumnya tentukan dulu beberapa faktor seperti sasaran, anggaran, tujuan serta fitur apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya.

Perbedaan Situs Mobile dan App (Aplikasi)

Sebelum Anda mengevaluasi lebih jauh mengenai manfaat situs web seluler dan aplikasi, sebaiknya Anda mengetahui perbedaan keduanya. Situs web dan aplikasi sebenarnya dapat diakses melalui smartphone Anda, akan tetapi ada perbedaan yang cukup mencolok dari keduanya, yaitu:

Sebuah situs web mobile merupakan situs yang mirip dengan website lain, dimana terdiri dari halaman HTML berbasis browser yang terhubung dan dapat diakses melalui internet. Sedangkan yang membedakan situs web mobile dengan situs web standar adalah bahwa situs web mobile dirancang untuk layar genggam dan antarmuka layar sentuh yang lebih kecil. Hal utama yang perlu diperhatikan dari situs web mobile adalah desain web yang responsive serta dapat dapat menyatu dengan semua perangkat berukuran apa saja, mulai dari desktop hingga tablet.

web seluler

Situs web mobile juga harus dapat menampilkan konten teks, data, gambar serta video. Selain itu, situs web mobile juga harus dapat mengakses fitur khusus seluler, seperti klik untuk panggilan (untuk menghubungi nomor telepon) atau pemetaan berbasis lokasi.

Sedangkan aplikasi adalah sebuah aplikasi actual yang diunduh dan dipasang pada perangkat seluler Anda. Caranya cukup dengan mengunjungi portal khusus perangkat seperti Apple’s App Store, Play Store, dan Blackberry App World untuk menemukan dan mendownload aplikasi untuk sistem operasi tertentu. Hanya saja aplikasi mempunyai kelebihan dalam menarik konten serta data dari Internet dengan cara yang hampir sama pada situs web atau mungkin dapat melakukan download konten sehingga dapat diakses meski tanpa koneksi internet.

Keuntungan Situs Web Seluler vs Aplikasi

Jika tujuan Anda merupakan pemasaran atau komunikasi public, maka situs web mobile yang responsive dapat menjadi pilihan Anda dalam melakukan strategi pemasaran. Hal ini dikarenakan situs web seluler mempunyai beberapa keunggulan jika dibandingkan aplikasi, diantaranya aksesibilitas, kompabilitas serta efektivitas biaya yang lebih luas.

Karena itu sangat penting bagi kemajuan bisnis serta perusahaan Anda untuk mempunyai sebuah situs web dan aplikasi, karena saat ini keduanya mempunyai perkembangan yang luar biasa di seluruh dunia. Oleh karena itu demi perkembangan bisnis dan usaha Anda, maka sangat disarankan untuk Anda untuk memiliki keduanya. Jika Anda kesulitan dalam membuatnya, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan start up asal Jepang yang telah berpengalaman di bidang pembuatan situs web mobile dan aplikasi selama lima tahun.

Untuk menghubungi Logique Digital Indonesia, silahkan klik di sini.

One thought on “Situs Web Seluler vs Aplikasi, Mana Yang Bagus Untuk Usaha Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts