Beberapa Tahapan Pengembangan Sistem Web Yang Perlu Diketahui

Apalah artinya sebuah web jika sama sekali tidak dikembangkan dan dilakukan maintenance secara up-to-date. Suatu web perlu untuk dilakukan pengembangan sehingga mampu untuk terus bersaing dengan para pesaingnya tanpa merasa berat atau sulit untuk di buka. Dalam mengembangkan suatu sistem web perlu adanya beberapa tahapan. Berikut ini adalah tahapan pengembangan website yang biasanya dilakukan.

Konsep

Dalam mengembangkan sistem web, maka perlu adanya konsep. Dimana dalam fase ini, proyek pengembangan suatu sistem web akan didefinisikan secara singkat dan kreatif. Tahapan pertama ini pada umumnya digunakan untuk menentukan ruang lingkup/ ukuran suatu proyek sehingga proyek tersebut dapat dilanjutkan.

Penemuan

Fase ini menandakan bahwa proyek pengembangan web secara resmi akan dimulai. Beberapa faktor yang menandakan hal ini antara lain berdasarkan pada penelitian, seperti apa kebutuhan dan tujuan klien dan berbagai hal lainnya. Beberapa hal sebelumnya yang dibahas pada tahap konsep dapat diubah berdasarkan hasil penelitian dan penemuan.

Pengembangan Konten

Tahapan ini biasanya terjadi setelah memasuki tahap desain, dimana pengembangan konten akan melihat konten apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam suatu website. Tahapan ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap ada atau tidaknya penambahan pada halaman website. Karena itulah pengembangan konten harus berjalan seiringan dengan desain.

Desain

Tahapan selanjutnya dalam pengembangan web adalah tahap desain, dimana pada tahap ini seluruh arsitektur informasi pada sebuah website dikembangkan dan prototipenya mulai dilakukan pengujian. Hal ini biasanya dilakukan setelah konten berhasil dikembangkan dan jumlah halaman web telah selesai serta rancangan desain telah disetujui.

Pembangunan

Dalam tahapan ini, bagian-bagian template suatu website mulai dibangun. Para pengembang web biasanya akan memeriksa template website mereka secara berkala untuk memastikan bahwa coding telah bekerja sesuai dengan rencana.

Launching

Pada tahapan ini, Website telah dapat diluncurkan dan dapat diakses melalui internet. Di tahap ini pun para pengembang web akan melakukan pemeriksaan link secara lengkap dan mendetail untuk memastikan bahwa semuanya telah bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Selain itu juga memeriksa setiap aplikasi atau fitur-fitur lain yang telah disertakannya.

Pasca-Launching

Pada tahapan ini, para pengembang web akan membuat sistem pemeliharaan untuk klien yang digunakan untuk mengedit dan menyesuaikan beberapa aspek sederhana dan lebih mendasar dari website, seperti gambar, video dan konten terkait.

Jika Anda benar-benar membutuhkan jasa layanan pengembangan sistem web, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan jasa layanan pengembangan web asal Jepang dan telah mempunyai pengalaman di dunia website selama 5 tahun.

Dengan pengalaman yang dimiliki oleh Logique Digital Indonesia tentu akan membuat tampilan website Anda menjadi lebih menarik. Jika Anda membutuhkan pengembangan website, segera klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts