developer

Kenali Perbedaan Designer dan Developer di Dunia Teknologi

September 27th, 2017 |

Di dalam industry coding, ada dua tipe Creative Minds, yaitu Designer dan Developer. Kebanyakan orang salah kaprah dalam menggunakan kedua istilah ini. Padahal, keduanya mempunyai peran yang jauh berbeda, baik dari segi personality maupun skill. Kesalahan inilah yang seringkali membuat Anda merasa bingung dalam memilih tipe mana yang harus Anda jalani di industry teknologi saat ini. Nah, berikut ini merupakan penjelasan arti dari kedua tipe ini.

Seperti dilansir laman hacktiv8.com. Ada dua penjelasan berbeda antara Web Designer dan Web Developer, berikut ini adalah penjelasan keduanya:

Apa itu Web Designer?

Pada umumnya web designer berperan dalam membuat user experience yang baik bagi end user. Tugas seorang web designer mirip seperti tugas seorang arsiter, dimana mereka bertugas membuat rencana website yang nantinya akan dijalankan oleh para development. Karena itu, seorang web designer harus mengerti dan memahami mengenai coding. Selain coding, mereka juga harus mempunyai skill lain, seperti pengetahuan bagaimana cara mendesain site map yang baik dan bagus serta cara membuat elemen desain yang responsif agar dapat mengejar target yang telah diberikan.

Anda berbakat menjadi seorang Web Designer jika

Anda merupakan tipe Visual

Jika Anda mempunyai feel yang baik dalam hal-hal Visual, maka hal tersebut dapat membantu Anda dalam mengerti dan memahami halaman interface seperti apa yang diinginkan oleh end user. Jika Anda merasa jauh lebih mudah belajar melalui gambar dan grafik, maka Anda adalah orang yang cenderung bertipe Visual.

Anda merupakan tipe yang Creative

Untuk menjadi seorang Web Design dibutuhkan banyak pemikiran yang out-of-the-box (creative) serta membutuhkan perhatian khusus yang ditujukan bukan hanya pada tujuannya saja namun kepada proses project yang ada.

Anda merupakan tipe orang yang senang mendapatkan Feedback langsung

Jika Anda merasa senang mendapatkan feedback langsung dari end user melalui view atau comment, berarti Anda memang cocok dan mempunyai bakat untuk menjadi seorang Web Desaigner. Karena bagian tersebut merupakan bagian yang dapat membuat seorang designer senang.

Apa itu Web Developer?

Web developer merupakan pekerjaan yang dilakukan secara bersamaan dengan seorang designer agar rencana yang telah dibuat menjadi kenyataan. Pada umumnya, seorang web developer mengerjakan kebanyakan dari proses coding serta mencari cara agar coding dijalankan menjadi lebih efisien. Biasanya pekerjaan mereka lebih terpaku pada sistem kerja sebuah website daripada penampilan website itu sendiri.

Anda mungkin cocok menjadi seorang Web Developer apabila

Anda suka bekerja dengan angka

Jika Anda menyukai puzzle dan menyelesaikan rumus, maka pekerjaan menjadi seorang web development menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Terkadang seorang web development ditugaskan untuk menyelesaikan masalah yang terdapat pada coding website.

Anda merupakan seorang yang bertipe Logical

Jika Anda dalam menyelesaikan suatu masalah lebih banyak menggunakan logika dari pada perasaan, maka dapat dikatakan Anda mempunyai bakat untuk menjadi seorang web developer. Sebab seorang web development lebih banyak membutuhkan logikan ketimbang visual dan perasaan.

Anda merupakan seseorang yang lebih memikirkan gaji

Kedua pekerjaan baik designer maupun development mempunyai tingkatan gaji yang cukup kompetitif. Namun pada umumnya Developer mendapatkan gaji di atas rata-rata. Hal ini disebabkan tingkat pengetauan mereka yang spesifik dalam melakukan segala tipe coding.

Itulah beberapa perbedaan yang mencolok dari kedua tipe pekerjaan tersebut. Designer dan Developer sering dijuluki “Unicorn” dalam industry teknologi sebab betapa sulitnya mencari mereka. Sekarang, Anda dapat menentukan siapakah Anda di dalam dunia teknologi?. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Kenali Perbedaan Designer dan Developer di Dunia Teknologi”

  1. Aldy
    April 19, 2018 at 6:48 pm | Balas

    Kepingin jadi kedua – duanya.

  2. Fitur Baru Windows Telah Diuji Coba Oleh Microsoft | Logique.co.id Blog
    September 24, 2018 at 4:53 pm | Balas

    […] Kenali Perbedaan Designer dan Developer di Dunia Teknologi […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *