membuat situs web

Cara Membuat Situs Web Ramah Seluler Menggunakan PHP

September 25th, 2017 |

Dalam membuat sebuah situs web, tampilan memang merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Namun, penting juga untuk membuat situs web Anda dapat diakses oleh semua pengguna. Kebanyakan orang menggunakan komputer untuk mengakses sebuah situs web, sekarang dengan berkembangnya teknologi khususnya smartphone, membuat situs web dapat diakses dengan mudah menggunakan ponsel dan tablet mereka. Jika Anda merupakan seorang programmer, maka sangat penting untuk membuat situs web Anda dapat terlihat dan berfungsi dengan baik pada perangkat-perangkat tersebut.

Membuat Situs Web Menggunakan PHP

Perlu Anda ketahui bahwa PHP diproses di server, adapun kode yang sampai ke pengguna hanya HTML. Adapun proses mendapatkan sebuah situs web dimulai dari pengguna yang meminta halaman situs Anda dari server, kemudian server akan menjalankan semua programan PHP, setelah itu mengirimkan kepada pengguna hasil PHP tersebut.

Sebenarnya perangkat yang Anda gunakan tidak dapat melakukan hal apapun dengan kode PHP tersebut. Inilah keuntungan yang didapatkan oleh seorang programmer jika menggunakan PHP dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, seperti Flash dan lain-lain.

Saat ini, PHP telah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang terpopuler, sebab dapat mengarahkan penggunanya ke versi seluler situs web Anda. Cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan strpos () untuk mencari nama perangkat tertentu, seperti contoh:

<?php

$android = strpos($_SERVER[‘HTTP_USER_AGENT’],”Android”);

$bberry = strpos($_SERVER[‘HTTP_USER_AGENT’],”BlackBerry”);

$iphone = strpos($_SERVER[‘HTTP_USER_AGENT’],”iPhone”);

$ipod = strpos($_SERVER[‘HTTP_USER_AGENT’],”iPod”);

$webos = strpos($_SERVER[‘HTTP_USER_AGENT’],”webOS”);

if ($android || $bberry || $iphone || $ipod || $webos== true)

{

header(‘Location: http://www.yoursite.com/mobile’);

}

?>

Jika Anda ingin agar pengguna beralih ke situs seluler, maka Anda harus memberitahukan kepada pengguna cara mudah untuk dapat mengakses situs tersebut.

Hal lainnya yang perlu diingat adalah ketika seorang pengguna mencapai situs Anda dari mesin pencari, kebanyakan dari mereka tidak melalui halaman beranda situs Anda. Karena itu, pastikan Anda telah mengarahkan pengguna ke versi seluler dari halaman hasil mesin pencari.

Yang menarik di sini adalah skrip pengalih CSS yang dapat ditulis ke dalam bahasa PHP. Hal ini dilakukan agar pengguna dapat memasang template CSS yang berbeda melalui menu drop down. Tujuannya agar konten yang ditampilkan ramah dalam versi seluler yang berbeda, baik untuk ponsel dan tablet lainnya.

Dengan cara ini, maka pengguna akan memiliki opsi untuk dapat beralih ke salah satu dari pilihan tersebut serta jika mereka mau, mereka akan tetap dapat menampilkan versi asli dari situs ini.

Selamat belajar, semoga bermanfaat.

One thought on “Cara Membuat Situs Web Ramah Seluler Menggunakan PHP”

  1. rofik andiky
    Januari 15, 2019 at 10:42 am | Balas

    kurang paham saya gan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *