cara daftar website

Cara Daftar Website Menggunakan Google Webmaster Tools

September 25th, 2017 |

Sebuah website terlihat menarik dan bagus jika tidak ada kesalahan atau error dalam pembuatannya. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat memantau performa website yang kita kelola jika suatu saat nanti ditemukan kesalahan atau error? Jawabannya adalah dengan cara daftar website ke Google Webmaster.

Mengapa harus menggunakan Google Webmaster Tools?

Dengan menggunakan Google Webmaster Tools, maka artikel baru dapat terindeks oleh mesin pencari lebih cepat. Selain itu, dengan mendaftarkan website kita ke webmaster tools, maka kita dapat memantau secara langsung performa website jika suatu saat terjadi kesalahan atau error sehingga kita dapat memperbaikinya secara langsung.

Website yang telah didaftarkan pada webmaster tools kemungkinan akan terlihat bagus di mata mesin pencari. Karena itulah lebih baik bagi kita untuk mendaftarkan website ke google webmaster tools. Nah, untuk daftar website kita ke google webmaster tools, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan.

Cara Daftar Website ke Google Webmaster Tools

Berikut ini adalah langkah-langkah cara daftar website ke google webmaster tools, seperti dilansir laman gaptek solution:

  1. Mempunyai email Google

Syarat untuk mendaftar di google webmaster tools adalah dengan mempunyai akun gmail. Jika Anda telah punya akun gmail, silahkan untuk login. Namun, jika belum, sebaiknya Anda segera membuatnya.

  1. Masuk ke halaman resmi Google Webmaster

Setelah Anda membuat atau masuk ke halaman gmail Anda, selanjutnya Anda masuk ke halaman resmi google webmaster di www.google.com/webmasters.

  1. Masukkan nama website

Setelah halaman awal webmaster muncul, masukkan nama website Anda pada kotak yang telah disediakan, lalu klik add a site.

  1. Lakukan proses verifikasi

Setelah Anda memasukkan nama website, Anda harus melakukan proses verifikasi yang bertujuan untuk memastikan bahwa yang mendaftar merupakan benar-benar pemilik situs. Proses verifikasi website sebagai berikut:

  • Download file html yang disediakan oleh google webmaster
  • Upload file html tersebut ke dalam root directory yang ada pada hosting
  • Setelah berhasil, lakukan konfirmasi dengan cara mengklik link file yang terdapat pada webmaster tools.
  • Lalu klik verify untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik website

Itulah beberapa cara mendaftarkan website ke google webmaster tools agar website yang sedang Anda kelola dapat terindeks dengan cepat di mesin pencari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

One thought on “Cara Daftar Website Menggunakan Google Webmaster Tools”

  1. Baca Manga
    Mei 18, 2018 at 10:58 pm | Balas

    sangat membantu gan. makasih informasinya ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *