tren bisnis

3 Tren Bisnis Startup Yang Saat Ini Sedang Berkembang

September 20th, 2017 |

Beberapa tahun terakhir bisnis startup atau bisnis perintis di Indonesia sedang menjadi tren bisnis sebab pertumbuhannya yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Meskipun belum dapat dibuktikan dengan data resmi yang akurat. Akan tetapi diperkirakan saat ini terdapat setidaknya ribuan startup lokal yang meramaikan bisnis berbasis teknologi di Indonesia.

Semakin meningkatnya bisnis startup, tidak lepas dari dukungan pemerintah yang mengeluarkan Paket Kebijakan Ekonomi ke-14, yang dinamakan “Peta Jalan e-Commerce”. Karena itulah muncul berbagai perusahaan startup di Tanah Air.

Dengan banyaknya bisnis startup yang ada saat ini, tentu diperlukan berbagai inovasi serta gagasan bisnis lain yang mampu menarik pasar maupun para investor untuk bergabung di startupnya. Lalu bisnis seperti apakah yang mampu menarik perhatikan para konsumen dan para investor tersebut.

Berikut ini adalah 3 tren bisnis yang sedang berkembang, antara lain yaitu:

Pemasaran Digital

Pemasaran digital merupakan salah satu strategi pemasaran yang digunakan untuk mempromosikan suatu merek menggunakan media digital sehingga dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan.

Untuk melakukan pemasaran digital (online) diperlukan berbagai macam teknik dan praktek yang harus diterapkan secara optimal. Pemasaran digital dilakukan dengan menggabungkan elemen utama seperti, ponsel, sms, iklan spanduk serta digital luar sehingga kegiatan promosi menjadi lebih maksimal.

Terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan pemasaran digital, antara lain faktor psikologi humanis, antropologi dan teknologi sehingga menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif serta multimedia. Pemasaran melalui digital sekarang sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dengan keterlibatan langsung dari konsumen.

Pembuatan Website

Di era digital seperti sekarang ini, telah banyak berbagai macam bisnis mulai dari skala kecil hingga besar yang masih ragu dalam menjawab pertanyaan mengenai media promosi bisnis menggunakan website.

Berdasarkan data di tahun 2013, jumlah pengakses internet di Indonesia telah mencapai angka 71,9 juta dan diperkirakan jumlah ini akan terus meningkat setiap tahunnya. Riset yang telah dilakukan oleh Millward Brown menunjukkan bahwa para pengguna internet rata-rata menghabiskan waktu hingga 9 jam perharinya saat menggunakan gadgetnya.

Selain itu, 54% pengguna internet di Indonesia rata-rata mencari informasi secara online sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu yang diinginkannya. Karena itu ide bisnis pembuatan website merupakan salah satu ide cemerlang untuk tren bisnis saat ini.

Pengembangan Sistem Berbasis Web

Dengan banyaknya sistem berbasis web yang ada tentu perlu dikembangkan lagi sehingga seluruh sistem menjadi sempurna. Pengembangan sistem pada umumnya digunakan untuk menyusun sistem yang baru dan menggantikan sistem lama, baik secara keseluruhan atau hanya memperbaiki sistem yang telah ada.

Untuk mendapatkan itu semua, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan web developer Jepang yang telah berpengalaman menangani berbagai proyek mulai dari pembuatan website, pemasaran digital hingga pengembangan sistem web. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *