aplikasi mobile

Ingin Membuat Aplikasi Mobile? Begini Langkah Pembuatannya

September 19th, 2017 |

Tahukah Anda dengan berbagai aplikasi seluler seperti Skype, Mobile Banking, Facebook Seluler serta berbagai macam aplikasi seluler lainnya? Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan nama-nama aplikasi tersebut. Aplikasi ini dibuat oleh para pengembang aplikasi mobile.

Aplikasi mobile atau aplikasi seluler merupakan sebuah software yang dibuat untuk perangkat portable smartphone yang mengharuskan penggunanya untuk melakukan proses mendownload software mobile aplikasi di toko aplikasi agar dapat dipergunakan.

Cara Membuat Aplikasi Mobile

Berikut ini adalah beberapa panduan untuk memulai aplikasi seluler yang perlu Anda lakukan.

Langkah 1: Dapatkan ide atau masalah yang dihadapi saat ini.

Hal ini akan membuat Anda berpikir kreatif untuk mendapatkan sebuah ide dalam membuat aplikasi mobile yang Anda inginkan. Lihatlah sekeliling Anda, sebab dalam setiap produk dan layanan yang Anda gunakan saat ini semuanya diciptakan untuk memecahkan semua masalah Anda.

Karena itu carilah masalah dalam kehidupan sehari-hari lalu masukkan semua masalah tersebut ke dalam suatu daftar masalah. Jika telah lengkap, maka mulailah memikirkan bagaimana Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan cepat, efisien serta masuk akal.

Langkah 2: Identifikasi Kebutuhan.

Lakukan analisa untuk mengidentifikasi kebutuhan para pelanggan, serta seberapa banyak permintaan yang akan Anda dapatkan saat Anda membuat aplikasi tersebut. Anda dapat mencari ide Anda dengan menggunakan mesin pencari Google untuk dapat mengetahui seberapa banyak orang yang mencari tahu aplikasi apa yang mereka harapkan untuk membantunya. Anda juga dapat membuat sebuah forum yang bertemakan ide tentang aplikasi yang akan Anda buat serta mencari minat para pengguna melalui pendaftaran email.

aplikasi mobile

Langkah 3: Meletakkan arus dan fitur

Validasikan ide aplikasi Anda yang menandakan bahwa Anda mempunyai sesuatu yang ingin orang lain gunakan. Sekarang merupakan waktu yang tepat untuk merinci produk Anda ke dalam sebuah dokumen, atau jika Anda ingin bekerja ekstra, Anda dapat menggunakan alat wireframing untuk mendukung pekerjaan Anda.

Ketika menggambarkan ide Anda pada sebuah kertas, jangan pernah lupa untuk melakukannya sedetail mungkin. Selain itu, sertakan juga cara pengguna untuk melakukan navigasi aplikasi serta semua fitur yang telah Anda bayangkan. Hal ini akan membantu Anda dalam mengembangkan serta memahami kemauan serta harapan Anda.

Langkah 4: Hapus semua fitur non-inti

Dari berbagai komponen serta fitur yang telah Anda siapkan, mulailah untuk melihat secara mendetail fitur apa yang dapat Anda hapus. Jangan pernah sekalipun membuat fitur bagus pada versi pertama, sebab fitur tersebut nantinya dapat Anda tambahkan sebagai pembaruan. Hal ini tentu untuk menjaga agar mengurangi biaya awal pembuatan aplikasi ini serta membantu aplikasi Anda untuk dapat lebih cepat ke pasar.

Langkah 5: Buat Desain Aplikasi

Buatlah desain aplikasi yang ingin Anda tampilkan pada aplikasi Anda, sebab desain bukan hanya mengenai bagaimana aplikasi Anda terlihat, namun juga mengenai perasaan para pengguna yang menggunakan aplikasi Anda. Karena itu, carilah pengembang aplikasi yang mampu mendesain aplikasi Anda dengan sangat baik.

aplikasi mobile

Langkah 6: Menyewa Desainer/ Pengembang

Untuk mengembangkan aplikasi seluler yang ingin Anda buat, maka carilah perusahaan pengembang yang mempunyai tim dengan desain yang hebat dan solid. Saat menyewa pengembang, carilah informasi sebanyak-banyaknya melalui internet untuk memeriksa kredibilitas pengembang tersebut serta aplikasi apa saja yang telah mereka buat. Jika dari portofolio yang telah mereka kerjakan Anda menyukainya, maka pengembang tersebut dapat Anda sewa untuk mengembangkan aplikasi Anda. Salah satu perusahaan pengembang aplikasi terpercaya adalah Logique Digital Indonesia.

Langkah 7: Melakukan Integrasi Analisis

Analitik berguna untuk membantu Anda dalam melacak berbagai unduhan, keterlibatan pengguna, dan retensi untuk aplikasi yang telah Anda buat. Sangat disarankan untuk menggunakan alat seprti Flurry dan Loyaltics yang mempunyai versi gratis dan berbayar.

Langkah 8: Dapatkan umpan balik dari pelanggan kemudian lakukan improvisasi.

Setelah aplikasi yang Anda buat telah berada di toko aplikasi, maka langkah pertama adalah mengamati perilaku pengguna dari aplikasi Anda. Sebab perilaku pelanggan akan memberikan informasi terbaik bagaimana cara Anda untuk terus memperbaiki dan meningkatkan aplikasi Anda.

Langkah 9: Perkenalkan Fitur.

Ketika aplikasi Anda telah diperkenalkan, maka jangan lupa untuk memberikan fitur terbatas pada versi pertama aplikasi Anda dengan hanya menawarkan inti dari aplikasi tersebut. Selanjutnya, terus lakukan evaluasi dan mengenalkan berbagai fitur yang tersisa dari versi awal untuk melakukan analisis dan mendapatkan umpan balik dari pelanggan mengenai fitur tersebut.

Itulah beberapa langkah untuk membuat dan mengembangkan aplikasi mobile. Langkah-langkah di atas tidak bersifat dominan, namun merupakan salah satu cara panduan efektif. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

8 thoughts on “Ingin Membuat Aplikasi Mobile? Begini Langkah Pembuatannya”

  1. Tatang Aditya
    Maret 27, 2018 at 5:26 am | Balas

    Ternyata cuma tips membuat aplikasi, saya kira tutorial membuat aplikasi

  2. Russel
    November 13, 2018 at 12:19 pm | Balas

    Ulasannya sangat membantu dalam rencana pengembangan Aplikasi Bisnis..
    apalagi bagi kalangan yang tidak memiliki pengetahuan dibidang programer dan sbagainya.

    Saya mau tanya, apakah saya bisa dapat ulasan lebih, bagaimana membangun Aplikasi Bisnis dengan sistem kemitraan seperti taxi online, yang mana ada 2 aplikasi yang dipakai, yakni aplikasi user dan aplikasi mitra bisnis.

    Mohon penjelasannya..

  3. YUDISTIRA
    Desember 2, 2018 at 12:35 am | Balas

    Bagaimana cara agar dalam pembuatan aplikasi tidak terlalu bermunculan iklan.dan apabila ada kendala dalam pemasukan suatu program

    • Hay
      Oktober 10, 2019 at 12:35 am | Balas

      Sebenarnya iklan itu menguntungkan bagi pihak dev nya, jadi semakin banyak iklan semakin banyak keuntungan dari pemilik apk tersebut

  4. Hendryg
    Januari 5, 2019 at 9:06 am | Balas

    Selamat pagi dapatkah saya minta contact person logique

  5. Rajman
    Januari 18, 2019 at 10:55 pm | Balas

    Saya butuh agensi web

  6. Aldi andrian
    Oktober 2, 2019 at 7:49 pm | Balas

    Saya ingin membuat aplikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *