sem

SEO & SEM, Manakah Yang Lebih Efektif Digunakan?

September 14th, 2017 |

Jika Anda baru saja terjun ke dunia marketing, tentu Anda akan mengenal istilah SEO (Search Engine Optimization) atau SEM (Search Engine Marketing). Perlu Anda ketahui bahwa dua istilah tersebut merupakan suatu metode untuk mengenalkan website yang kita kelola melalui search engine.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan jasa SEO seperti logique digital Indonesia ataupun memasang iklan di search engine menggunakan SEM (Search Engine Marketing). Lalu manakah diantara metode tersebut yang paling tepat, efektif dan efisien?

SEO

SEO adalah suatu metode yang biasanya dilakukan oleh para internet marketing untuk membuat website yang dikelolanya menempati halaman pertama pada search engine. Pada umumnya perusahaan akan menyewa suatu jasa SEO untuk melakukan analisa persaingan keyword dan kemudian menentukan harga. Jasa SEO ini akan melakukan beberapa optimasi sehingga website menempati halaman pertama.

Namun perlu diperhatikan, jika menggunakan metode SEO membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga website Anda menempati peringkat pertama mesin pencari. Jika telah muncul di halaman pertama, maka Anda diharuskan membayar jasa SEO tersebut agar website yang telah Anda kelola tetap muncul di halaman pertama.

sem

Nah, secara teknis metode SEO ini berusaha menebak algoritma mesin pencari agar dapat masuk ke halaman pertama. Umumnya, SEO banyak bermain di title halaman website dengan cara memasukkan keyword atau kata kunci pada seluruh judul halaman website. Hal ini terkadang membuat website yang telah dilakukan optimasi SEO terlihat aneh.

SEM

SEM (Search Engine Marketing) merupakan suatu metode optimasi yang hampir sama dengan SEO, namun perbedaannya terletak pada optimasi yang dilakukan menggunakan SEM hampir semuanya berbayar. Caranya yaitu Anda melakukan registrasi di Google Adwords dalam pemilihan keyword, menentukan biaya per klik, menentukan budget harian, membuat iklan, memasukkan nomor kartu kredit lalu 15 menit kemudian website Anda akan muncul pada halaman pertama Google.

Biaya yang dikeluarkan sebatas pada kemampuan yang telah kita budgetkan saja. Nah, untuk jasa SEM ini, kita tidak diharuskan untuk melakukan pengubahan struktur website secara menyeluruh, cukup membuat website yang kita kelola menjadi nyaman untuk dilihat, baik dari segi desain maupun dari segi informasi yang akan disajikan sehingga memberikan kesan yang baik kepada pengunjung website Anda.

Perbandingan SEO dan SEM

SEO SEM
Hasil: Butuh waktu lebih dari 3 bulan 15 menit langsung tampil
Biaya: Melakukan pembayaran per bulannya ke penyedia jasa SEO Membayar biaya per bulannya ke Google yang tentu lebih mahal
Metode: Menebak algoritma Google Resmi, sesuai ketentuan Google
Struktur Website: Terlihat Aneh Normal
Kepastian: Tidak pasti Lebih pasti

Dari tabel perbandingan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa SEM ternyata lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan SEO dalam melakukan pemasaran melalui search engine. Namun, untuk mengimbanginya, Anda dapat melakukan SEO sendiri dengan cara menuliskan artikel atau konten secara natural sesuai dengan konsep bisnis kita.

Tulislah artikel atau konten berkualitas dengan melakukan optimasi SEO setiap harinya, hal ini tentu akan membuat website Anda menjadi nomor satu di halaman pencarian.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

2 thoughts on “SEO & SEM, Manakah Yang Lebih Efektif Digunakan?”

  1. Beberapa Keuntungan Menggunakan Jasa SEO Bagi Bisnis Anda
    September 26, 2017 at 8:42 am | Balas

    […] Baca Juga: SEO & SEM, Manakah Yang Lebih Efektif Digunakan? […]

  2. Ataeh
    April 25, 2019 at 1:26 am | Balas

    Terimakasih informasi nya gan
    Artikel yg bagus dan bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *