loading blog

Ingin Loading Blog Anda Cepat? Gunakan Plugin WordPress Ini

September 13th, 2017 |

Salah satu hal terpenting yang dilakukan oleh para blogger atau admin blog adalah mempercepat loading blog atau website. Sebab loading blog atau website mempunyai pengaruh yang besar dalam menentukan posisi website yang sedang kita kelola.

Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat source code blog atau website kita sesederhana mungkin. Jika memungkinkan buatlah sedikit mungkin baris code yang akan di load oleh web browser. Sebab komputer (web browser) menampilkan website yang kita kelola kepada user dengan membaca sorce code baris demi baris, sehingga semakin banyak baris yang harus dibaca, maka semakin lama pula website kita muncul secara utuh kepada user.

Mempercepat Loading Blog

Bagi Anda yang membuat blog menggunakan WordPress, Anda dapat menggunakan sebuah plugin yang bernama Autoptimize. Plugin ini berfungsi untuk mempercepat proses loading blog atau website kita dengan cara menggabungkan beberapa script pendukung seperti JavaScript serta CSS menjadi satu.

Tidak hanya itu, plugin ini juga membuat baris code menjadi inline untuk memanggil script pendukung tadi. Hal ini juga terjadi dengan source code HTML blog kita.

Jika ingin mengetahui perbedaannya, silahkan pencet tombol CTRL + U secara bersamaan, lalu hitunglah berapa jumlah baris code yang menjadikan halaman ini, kemudian bandingkan dengan blog Anda.

Berikut ini adalah tutorial yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses loading blog menggunakan WordPress dengan plugin Autoptimize.

  1. Download dan Install plugin Autoptimize lalu aktifkan plugin tersebut
  2. Masuk ke setting plugin Autoptimize kemudian lakukan setting

loading blog

Setting melalui plugin Autoptimize ini memang sangat sederhana dimana plugin ini mengoptimasi 3 unsur utama dari source code sebuah website, seperti HTML, CSS dan JavaScript.

Jangan lupa untuk mencentang “Keep HTML Comment?” jika Anda menggunakan script iklan Google AdSense agar iklan tidak gagal tampil karena sebuah kesalahan kecil.

Hal yang perlu dipertimbangkan

Dengan plugin ini, blog atau website Anda dalam melakukan loading tentunya akan lebih cepat dari biasanya. Namun konsekuensinya adalah pemakaian space hosting yang menjadi lebih banyak. Kondisi ini terjadi akibat space yang dipakai digunakan untuk menyimpan berkas yang teroptimasi dari plugin ini.

Pastikan juga hosting yang Anda gunakan merupakan hosting yang berkualitas dengan kualitas server yang tangguh. Selain itu, jangan menggunakan plugin caching yang dapat menyimpan seluruh halaman website/ blog menjadi HTML statis saja, sebab space akan menjadi semakin banyak jika Anda menggunakan plugin semacam itu.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

One thought on “Ingin Loading Blog Anda Cepat? Gunakan Plugin WordPress Ini”

  1. @misterebs_
    Januari 30, 2018 at 8:27 pm | Balas

    Belum pernah pakai autoptimize, baru mencoba WP Super Cache. Perbandingannya bagaimana ya Mas Autoptimize VS WP Super Cache ?

    Salam Kenal…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *